Suhardi Alius dan Anang Kembali Masuk Bursa Calon Kapolri

Komisaris Jenderal Suhardi Alius
Sumber :
  • Dokumen Humas Polri

VIVA.co.id - Komjen Suhardi Alius dan Komisaris Komjen Anang Iskandar kembali masuk bursa calon Kepala Kepolisian. Suhardi kini menjabat Sestama di Lemhanas dan Anang menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional.

"Karena berdasarkan kelayakan, kedua nama itu kita anggap layak untuk masuk," kata Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional Syafriadi Cut Ali di Istana Negara, Jakarta, Selasa 10 Februari 2015.

Dua nama itu sebelumnya terlempar dari bursa kapolri untuk pengajuan baru seandainya Komjen Budi Gunawan benar-benar tak dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Kabar bahwa Jokowi tak akan melantik Budi Gunawan disampaikan Buya Syafii Maarif, Ketua Tim 9. Guna mengantisipasi bila Jokowi meminta nama baru, Kompolnas memproses sejumlah nama dan mendapatkan empat nama.

Empat nama sebelumnya itu adalah Komjen Dwi Priyatno, Komjen Budi Waseso, Komjen Badrodin Haiti, dan Komjen Putut Eko Bayuseno.

Namun demikian, kata Syafriadi, keenam nama tersebut belum diserahkan kepada presiden. Mereka hanya berjaga-jaga bila presiden meminta nama baru.

Seperti diketahui, apakah Budi Gunawan dilantik atau tidak belumlah final. Kabar Jokowi tak jadi melantik tidak keluar dari mulut Jokowi sendiri. Pernyataan resmi Jokowi terakhir adalah menunggu hasil praperadilan Budi Gunawan melawan Komisi Pemberantasan Korupsi yang menetapkannya sebagai tersangka.

Baca juga:

Kompolnas Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri

Soal Calon Kapolri, Buwas: Saya Bukan yang Terbaik

Budi Waseso mengaku tak berambisi jadi Kapolri.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016