Empat Jet Sukhoi Ini Jaga Ambalat, Siap Usir Pesawat Asing

Empat Jet Sukhoi Siap Usir Pesawat Asing Masuk Ambalat
Sumber :
  • Muhammad Tahir/Tarakan

VIVA.co.id - Empat jet tempur Sukhoi disiagakan untuk mengusir pesawat asing yang memasuki perairan Ambalat di Nunukan, Kalimatan Utara. Alat utama sistem persenjataan TNI Angkatan Udara itu dikerahkan dari Skuadron Udara XI, Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Seluruh jet Sukhoi itu tiba di Bandara Juwata, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, setelah melakukan operasi di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia di atas perairan Ambalat, Sungai Nyamuk di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan.

Menurut Skuadron Udara XI Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin, Letnan Kolonel (Pnb) David Y Tamboto, penyiagaan empat jet Sukhoi itu adalah perintah langsung Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Tujuannya agar tidak ada lagi pesawat asing yang tanpa izin memasuki wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain empat jet Sukhoi, TNI Angkatan Udara juga melibatkan satu pesawat Hercules C130 dan satu helikopter Super Puma. Dua pesawat udara itu akan membantu empat Sukhoi melakukan pengamanan wilayah udara di perbatasan.

Mereka melakukan patroli rutin bersama TNI Angkatan Laut, yang telah lebih dahulu mengamankan pulau-pulau terluar serta wilayah alur laut Indonesia di Ambalat. Sebab wilayah itu berdekatan dengan Malaysia.

Komandan Pangkalan Udara Tarakan, Letnan Kolonel (Pnb) Tiopan Hutapea, menjelaskan bahwa operasi kali ini menambah 100 personel TNI Angkatan Udara dan membawa amunisi udara dan darat untuk disiapkan di Tarakan.

Ambalat adalah blok laut luas mencakup 15.235 kilometer persegi yang terletak di Laut Sulawesi atau Selat Makassar dan berada di dekat perpanjangan perbatasan darat antara Sabah, Malaysia, dan Kalimantan Timur, Indonesia.

Penamaan blok laut ini didasarkan atas kepentingan eksplorasi kekayaan laut dan bawah laut, khususnya dalam bidang pertambangan minyak.

Muhammad Tahir/Tarakan


Baca juga:

Intip Kemampuan Perang Panser TNI Buatan Bandung


Jokowi Cek Perbatasan Indonesia, Jangan Kalah oleh Malaysia
Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, dalam KTT OKI di Istanbul, Turki, beberapa waktu lalu. Ide pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan konflik Palestina dijadikan resolusi oleh organisasi ini.

RI-Malaysia Sepakat Tingkatkan Keamanan Perairan Kawasan

Memantau wilayah yang rawan penyanderaan.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016