VIDEO: Gaya Menteri Susi Tenggelamkan Kapal Asing

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • tvOne
VIVA.co.id -
Kapal Asing Ilegal Kerap Tabrak Kapal Nelayan RI
Pemerintah Indonesia kembali melakukan tindakan tegas terhadap kapal asing yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia.

Hadiah Tutup Tahun TNI AL: 10 Kapal Maling Ditenggelamkan

Kali ini, sebuah kapal berbendera Thailand ditenggelamkan di perairan Batam, tepatnya di sekitar Pulau Abang, 25 mill dari Kota Batam, Senin 9 Januari 2015.

Kapal yang memiliki dua nama berlainan itu, diketahui mencuri ikan di laut Natuna Kepulauan Riau, beberapa bulan silam. Untuk mengelabui Dinas Kelautan dan Perikanan, kapal tersebut di sebelah kiri bertuliskan nama "KM Laut Natuna 28", sedangkan di kanan bertuliskan "KM Sudita 28".

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti langsung memantau penenggelaman kapal itu dari atas KRI Barakuda 633. Dia didampingi oleh beberapa pejabat di antaranya adalah Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Asep Burhanuddin da Panglima Armada Barat TNI Laksda Widodo.

Lihat videonya

Sebelum tenggelam, Kapal Hiu 004 milik PSDKP yang dikapteni Irzan Rizal, memerintahkan aba-aba kepada Nurwibowo untuk melakukan penembakan.

Sebanyak enam peluru dimuntahkan dari senjata kapal milik perikanan dan kelautan tersebut, yang disusul ledakan kapal berbendera Thailand itu, yang tidak lama kemudian tenggelam.

Aksi penenggelaman kapal ini dilakukan Pemerintah Indonesia untuk menujukkan sikap tegas bagi pencurian ikan negara asing di perairan Indonesia.

Baca juga:

Empat Kapal Malaysia Pencuri Ikan Ditangkap
Kepala Pelaksana Harian Satgas 115 Illegal Fishing KKP, Laksdya TNI Widodo.

Kapal Tiga Negara Ini Paling Banyak Curi Ikan

Mereka masuk dengan memakai bendera Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
31 Desember 2015