Berhasil Loncat Pagar, Susanti Ungkap Penjualan Gadis Sumba

Ilustrasi/Perdagangan Manusia
Sumber :
  • http://www.tillhecomes.org

VIVA.co.id - Kepolisian Sektor Patrang, Jember Jawa Timur masih melakukan pemeriksaan terhadap Ayu, 45 tahun, seorang perempuan asal Jember Jawa Timur. Ia diduga pedagang manusia, dengan menjadikan sejumlah perempuan muda sebagai korbannya.

Aksi Ayu ini terungkap dari laporan salah seorang korban Su, ke kepolisian. Su yang berhasil meloncat pagar rumah Ayu, melaporkan ada lima rekannya, Na, Ni, Je, He dan Ka, yang masih ditahan di dalam rumah Ayu.

Atas dasar itu, Polsek Patrang menggelar penggerebekan dan langsung mengamankan kelima rekan Ayu dan melakukan pemeriksaan intensif terhadap Ayu. "Kami sudah ditahan selama empat hari di rumah itu," kata Su.

Kapolsek Patrang AKP Bambang Setiawan mengatakan, dari pemeriksaan mereka terhadap Ayu, diketahui ia mendapatkan upah dari upayanya untuk mengumpulkan sejumlah korban dengan nilai 5 ribu Ringgit per orang atau setara Rp15 juta.

"Dalam kerjanya untuk mengumpulkan gadis-gadis muda tersebut, Ayu dibantu agen-agen penyalur yang dibayarnya dengan upah Rp1 juta Per orang," kata Bambang.

Dari pemeriksaan juga diketahui para korban ternyata disediakan Kartu Tanda Penduduk palsu. Sehingga Ayu bisa memanipulasi umur keenam korbannya.

Hingga kini, polisi masih menyelidiki keterlibatan orang lain dalam aksi penjualan manusia ini. Kediaman Ayu pun telah dipasang garis polisi.

'Hubungan Indonesia-Malaysia Sangat Spesial'

Sinto Sofiadin/Jawa Timur

Dubes Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain Mohemed Hashim

Malaysia Ingin Selesaikan Masalah dengan RI

Berbagai pertemuan dan program Malaysia-RI sudah dijalankan.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2016