Menko Puan: Gizi Buruk Bisa Teratasi pada 2019

Menko PMK Puan Maharani.
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menargetkan perbaikan masalah gizi harus bisa diselesaikan dalam waktu lima tahun hingga tahun 2019.

"Pembangunan manusia Indonesia yang berkarakter dan unggul tersebut, salah satunya ditentukan oleh kecukupan gizi," kata Puan saat menyampaikan arahannya dalam acara Diseminasi Global Nutrition Report di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Jakarta, Senin 9 Februari 2015.

Puan menjelaskan, masalah gizi di Indonesia disebabkan berbagai faktor. Selain faktor kemiskinan, lanjut Puan, faktor seperti kesehatan, pangan, pendidikan, air bersih, keluarga berencana dan berbagai faktor terkait lainnya menjadi penyebab masalah gizi buruk di Indonesia.

"Seluruh kementerian dan lembaga negara akan dilibatkan untuk menuntaskan masalah gizi buruk di Indonesia. Tanpa adanya sinergi antar lembaga negara masalah gizi buruk tidak akan pernah selesai," kata dia.

Program percepatan perbaikan gizi yang dicanangkan pemerintah antara lain, menjamin program ketahanan pangan rumah tangga kelompok masyarakat kecil, pendidikan hidup sehat pada anak-anak usia sekolah dasar, dan sosialisasi mengenai sumber gizi yang murah.

Target dari program itu antara lain menurunnya angka kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup, dari 359 menjadi 306 pada tahun 2019. Menurunnya prevalensi kekurangan gizi (underweight) pada anak balita dari 19,6% menjadi 17 persen pada tahun 2019.

"Target lainnya adalah menurunnya prevalensi stunting (pendek dan sangat pendek) pada anak baduta (dibawah 2 tahun), dari 33% menjadi 28% pada tahun 2019," kata Puan.

Semua target itu, kata Puan, tidak akan bisa terwujud jika seluruh kementerian dan lembaga tidak bersungguh-sungguh dalam memberikan dukungan dan membangun komitmen bersama dalam melaksanakan gerakan percepatan perbaikan gizi. (ren)

Bayu Januar (Jakarta)

Baca juga:

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
anak-anak

Sepuluh Tanda Anak Bergizi Baik

Tinggi dan berat badan sesuai usia, hingga postur tubuh tegap.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016