Susi Air Batal Layani Penerbangan dari Bandara Sumenep

Pesawat milik Susi Air/Ilustrasi.
Sumber :
  • Veros Afif/Sumenep
VIVA.co.id
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
- Maskapai penerbangan Susi Air batal melayani penerbangan antarwilayah di Madura dan Surabaya dari Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep. Izin tiga rute yang diajukan maskapai milik Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, itu belum siap.

Pembebasan Lahan Proyek Kereta Bandara Terhambat 100 KK

Tiga rute yang dajukan Susi Air untuk penerbangan komersial itu adalah Sumenep-Surabaya, Sumenep-Bawean, dan Sumenep-Kangean. Dua bandara tujuan, yakni Bandara Bawean dan Bandara Kangean dilaporkan belum siap sehingga Susi Air belum bisa beroperasi.
Proyek Kereta Api Bandara Soetta-Jakarta Rampung 2018


Susi Air adalah maskapai keempat yang mengajukan izin penerbangan komersial dari Bandara Trunojoyo tetapi ditunda/batal seperti tiga maskapai sebelumnya, di antaranya, Trigana Air dan Merpati Airlines. Susi Air semula direncanakan beroperasi di bandara itu pada awal Februari 2015 namun terkendala berbagai persoalan.


Menurut Kepala Bandara Trunojoyo, Juli Mudjiono, Bandara Trunojoyo memang mengalami kendala pada persiapan penerbangan komersial kali ini. “Kami akan melakukan revisi rute penerbangan dan akan diajukan kembali ke Kementerian Perhubungan,” katanya di Sumenep, Senin, 9 Februari 2015.


Rencanan revisi rute penerbangan kembali diajukan, yakni dengan rute Sumenep-Surabaya, Surabaya Karimunjawa, dan Surabaya-Semarang. Otoritas Bandara Trunojoyo akan kembali berkoordinasi dengan Kementrian Perhubungan agar rencana penerbangan komersial tidak gagal lagi.


Bandara Trunojoyo memiliki landasan pacu sepanjang 1.200 meter. Bandara itu sebelumnya digunakan sebagai penerbangan latih Merpati Pilot School sejak 2013 dan sekolah latih terbang asal Malaysia, TransAsia. Bandara Trunojoyo akan menjadi bandara perintis komersial di Sumenep, Madura.


Veros Afif/Sumenep



Baca berita lain:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya