Warga Banyumas Kenali Kakek Capres Suriname Raymond Sapoen

Raymond Sapoen, Capres Suriname
Sumber :
  • www.dbsuriname.com

VIVA.co.id - Radam, seorang kakek renta asal Desa Kanding Kecamatan Somagede di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengaku mengenali wajah kakek calon Presiden Suriname, Raymond Sapoen.

Kakek yang hanya mengisi waktu hariannya dengan mencari rumput untuk ternak kambing miliknya ini, langsung mengenali paras Sapoen, saat ditunjukkan gambar Sapoen pada saat dikirim ke Suriname.

Ya niku Sapoen (Ya ini Sapoen),” kata Radam.

Radam mengaku sudah mendengar perihal cucu dari kakak sepupunya tersebut yang bernama Raymond Sapoen hendak maju menjadi calon presiden di Suriname. "Saya berharap ia jadi Presiden," kata Radam.
 
Raymond Sapoen adalah politisi Partai Pendawa Lima (PL), yang digadang-gadang menjadi salah satu calon kuat Presiden Suriname dalam pemilu Mei 2015.

Karir politiknya dimulai dengan menjadi penasihat hukum di Departemen Keuangan dan penasihat kebijakan, berlanjut di Departemen Perencanaan dan Pengembangan.

Pada November 1998, dia diangkat menjadi Wakil Menteri Pendidikan dalam pemerintahan Presiden Wijdenbosch. Pada Pemilu 2010, dia menjadi pemimpin Partai Pendawa Lima.

Partai itu termasuk dalam koalisi Aliansi Rakyat bersama Partai Pertjaja Luhur yang dipimpin Paul Somohardjo. Walau Aliansi Rakyat hanya memperoleh satu kursi, Sapoen terpilih di distrik Wanica.

Menjadi anggota parlemen, Sapoen yang lahir pada 25 Oktober 1967 itu, kemudian ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan dalam pemerintahan Presiden Desi Bouterse, pada 2010.

Sejak 2012 hingga saat ini, dia menjabat Menteri Perdagangan dan Industri. Menjadi calon presiden untuk Pemilu Mei 2015, dia akan bersaing dengan petahana Desi Bouterse, yang akan kembali mencalonkan diri untuk periode kedua. (ren)
 

Robbi Sofwan Amin/Banyumas

Sambangi Suriname, Gubernur Ganjar Promosi Jawa Tengah
Borong bendera

Jateng 'Ekspor' Ratusan Perawat ke Suriname

Beberapa rumah sakit di sana butuh tenaga spesialis perawatan ginjal.

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2015