Menteri Desa: Jadi Transmigran Lebih Menjanjikan

Iklan Fire Your Indonesia Maid
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengajak masyarakat menjadi transmigran ketimbang jadi tenaga kerja di luar negeri (TKI).

Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan

"Menjadi transmigran jelas lebih baik, lebih jelas nasibnya, lebih menjanjikan masa depannya ketimbang menjadi pekerja migran di luar negeri tanpa dibarengi skill yang memadai," kata Marwan dalam keterangan persnya, Kamis, 5 Februari 2015.

Marwan mengatakan, selain harus berpisah dengan keluarga, TKI juga harus menanggung resiko menerima perlakuan yang kurang manusiawi atau terjerat masalah hukum. Bahkan, bisa saja mengalami pelecehan seperti iklan RoboVac Malaysia yang menawarkan alat-alat pembersih lantai dan kolam renang, dengan tulisan besar “Fire your Indonesian maid now!” atau “pecat pembantu Indonesia anda sekarang!”.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

Menurut dia, memilih program transmigrasi adalah langkah tepat untuk meraih masa depan yang lebih baik. Hal itu dapat dibuktikan dari fakta-fakta keberhasilan program transmigrasi selama ini yang telah mampu memberikan lapangan kerja dan kesejahteraan bagi sekitar 2,2 juta keluarga atau sekitar 8,8 juta transmigran.

Program transmigrasi juga berhasil membentuk 1.168 desa, 385 kecamatan, dan 104 kabupaten atau kota baru. Bahkan, dua ibu kota provinsi di Indonesia berasal dari unit permukiman transmigrasi, seperti Mamuju Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat dan Tanjung Salor atau Bulungan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara.

Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara

"Ayo ikut transmigrasi saja, enggak perlu cari kerja ke luar negeri yang banyak masalah itu," ujarnya.

Politisi PKB ini mengatakan, menjadi transmigran langsung dapat perumahan, dapat biaya hidup setahun, dapat pelatihan kerja, modal kerja dan peralatan kerja.

"Dapat lahan yang jika digarap dengan produktif bisa jadi sumber rejeki yang cukup untuk hidup layak dan sejahtera."

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya