Alasan Zainal Ungkap Foto Ranjang Ketua KPK dengan Wanita

Zainal Taher Benarkan Keaslian Foto Syur Abraham Samad-Feriyani Lim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Zainal Tahir menegaskan foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dengan perempuan bernama Feriyani Lim adalah asli. Foto itu menunjukkan pria yang mirip Abraham sedang berpelukan dengan wanita cantik di balik selimut kamar hotel.

Zainal Tahir, yang mengaku sebagai teman baik Abraham, menjelaskan motif mengungkapkan kebenaran foto tersebut. Meski telah dibantah oleh Abraham Samad, namun Zainal menegaskan foto itu adalah asli. Dia sendiri yang mengambil gambar itu.

"Setelah dipanggil penyidik, saya kemudian merenung. Malam, ketika saya bangun tidur, saya ingin sampaikan foto itu asli. Saya tidak mungkin berbohong," ujar Zainal di Jakarta, Rabu 4 Februari 2015.

Zainal mengaku sedih ketika menyaksikan pernyataan Abraham Samad di semua media massa membantah keaslian foto itu. Dia terusik dan berdosa jika tidak menyatakan kebenaran.

"Saya menyayangkan Abraham yang bekerja di lembaga jujur, lembaga hebat, tapi melakukan kebohongan publik dengan lantang. Saya ingin menyelamatkan dia agar tidak terus membuat kebohongan baru. Saya ingin menghentikan pengucapan serangan balik koruptor, kriminalisasi," tuturnya.

Zainal mengaku paham dengan perjuangan rekannya itu dalam memberantas korupsi. Namun, dia ingin agar upaya itu dilakukan dengan jujur. Tidak membohongi publik.

Jaksa Agung Tak Buru-buru Deponering Samad dan Widjojanto

"Saya juga Save KPK dan dukung pemberantasan korupsi karena itu adalah di atas segala-galanya. Tapi KPK harus dinakhodai orang yang jujur, sebab jujur itu hebat," ujar Zainal.

Politikus Partai Nasdem itu juga menyayangkan tim forensik KPK yang menyebutkan foto hasil jepretannya itu adalah rekayasa.

"Mungkin harusnya sekarang saatnya KPK introspeksi, bahwa bagaimana mungkin kebenaran dinyatakan sebagai ketidakbenaran. Saya melihat ada persoalan besar mengubah kebenaran jadi ketidakbenaran. Saya tegaskan foto tersebut bukanlah rekayasa, karena saya yang mengambil dengan kamera Nokia Communicator E90," Zainal menegegaskan.

Zainal mengaku mengenal Samad sejak 1996. Foto itu diambil sekitar bulan Februari 2007. Zainal mengambil foto itu ketika mereka bertiga di hotel di Makassar. Saat itu pintu kamar tidak tertutup, sehingga Zainal bisa memotret Samad di atas ranjang bersama Feriyani.

"Saat itu tiba-tiba dia lompat naik tempat tidur, masuk selimut. Saya foto sama cewek itu, saya foto saja iseng. Kan kalau dulu belum ada selfie," ujar Zainal.

Zainal menegaskan, tidak ada unsur paksaan untuk mengungkap foto tersebut. Apa yang dilakukannya, karena prihatin dengan sikap Samad dalam menyikapi foto yang sudah beredar di masyarakat.

"Ini murni kesadaran. Kalau Samad tidak bilang rekayasa, saya nggak akan menyampaikan ini. Kalau saya mau uang, sejak dulu saya sudah jualan (foto ini). Tapi saya tidak lakukan. Karena ini soal persahabatan," tuturnya.

Ketua KPK Abraham Samad membantah keaslian foto yang menunjukkan seorang pria yang mirip dengannya bersama seorang wanita di tempat tidur. Abraham menyebut foto tersebut merupakan hasil rekayasa.

"Mengenai penyebaran foto-foto yang sudah Anda lihat foto saya dengan seorang perempuan sekali lagi itu adalah hasil rekayasa. Saya adalah laki-laki yang dibesarkan oleh keluarga yang menjunjung tinggi nilai moral dalam pergaulan dan keluarga," kata Abraham di Gedung KPK, Jakarta, Senin, 2 Februari 2015. [Baca selengkapnya ]

Jaksa Agung: Deponering Widjojanto dan Samad Pekan Depan

Baca juga:

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Dua Mantan Pimpinan KPK Harusnya Sampai Pengadilan

"Karena di situlah ujung keadilan itu didapatkan," ujar kapolri.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016