Jokowi Telepon Syafii Maarif, Budi Gunawan Tak Jadi Dilantik

Wakil Kepala Kepolisian RI, Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Ketua Tim Independen Syafii Maarif, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan melantik Komjen (Pol) Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri mengantikan Jenderal Sutarman.

"Ya saya mendapatkan telepon dari Pak Presiden yang menyatakan tidak akan melantik BG sebagai Kapolri," ujar Safii di Kampus UMY, Rabu 4 Februari 2015.

Mantan Ketua Umum PP Muhammdiyah tersebut menambahkan, mengenai siapa nantinya yang akan menggantikan Budi Gunawan merupakan hak Presiden Jokowi. Tim independen, katanya, tak memiliki kewenangan soal itu.

"Itu bukan kewenangan kita. Itu tugas Kompolnas untuk mengusulkan nama calon Kapolri," katanya.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Pertemuan untuk membahas soal polemik KPK dan Polri.

Presiden berjanji akan menyelesaikan masalah ini pekan depan. Jokowi perlu menunggu sampai dia menyelesaikan masalah politik dan hukumnya. Sehingga, Presiden akan konsentrasi menyelesaikan polemik ini setelah dia melakukan kunjungannya ke beberapa negara.

"Ini sudah terjadwal dua bulan yang lalu, bilateral dengan Malaysia. Sehari-sehari kok, sehari di Malaysia, sehari di Brunei, sehari di Filipina. Senin sudah kembali kok," kata dia.

Baca juga:

Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan

Budi Waseso Siap jadi Wakapolri Meski Kans BG Lebih Kuat
Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti

Diharapkan tak ramai tarik-menarik kepentingan politik.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016