Tri Rismaharini Wali Kota Ketiga Terbaik Dunia 2014

Tri Rismaharini
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne

VIVA.co.id - Sejak menjadi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini selalu menjadi perhatian publik. Kiprahnya sebagai Wali Kota membuatnya dinobatkan sebagai salah satu Wali Kota terbaik 2014.

Dilansir melalui keterangan resmi The City Mayors Foundation, Risma menduduki posisi ketiga dalam jajaran Wali Kota terbaik dunia. Tidak hanya itu, dia juga dinobatkan sebagai Wali Kota Terpuji karena layanan yang telah diberikannya kepada Surabaya.

"Kebijakan Wali Kota Risma telah memanfaatkan lahan kosong dan terbuka dengan baik. Sampai saat ini ada sekitar 11 taman di Surabaya dengan tema yang berbeda. Banyak taman yang dilengkapi dengan akses Wi-Fi, perpustakaan, tempat fitnes dan olahraga. Tidak seperti Jakarta, Surabaya tidak pernah dilanda banjir dalam kurun 3 tahun terakhir," tulis The City Mayors Foundation, dalam situs World Mayor, Selasa, 3 Februari 2015.

Risma menduduki peringkat tiga di bawah Wali Kota Calgary, Kanada, Naheed Nenshi serta Wali Kota Ghent, Belgia, Daniel Termont.

World Mayor menjelaskan bahwa ajang ini merupakan inisiatif dari City Mayors Foundation dengan tujuan mempublikasi profil wali kota di seluruh dunia yang memiliki kotribusi besar secara positif bagi komunitas mereka.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Semua kandidat harus memenuhi beberapa kualifikasi, seperti kejujuran, kepemimpinan dan visi, kemampuan manajemen yang baik, kesadaran sosial dan ekonomi, kemampuan menyediakan keamanan dan perlindungan terhadap lingkungan, serta memiliki keahlian dalam menghubungkan komunitas yang berbeda, baik budaya, ras dan latar belakang sosial.

"World Mayor Project dan The City Mayor Foundation tidak memiliki koneksi dengan organisasi atau kota atau yang terkait lainnya. Yayasan ini didanai dan dikelola secara mandiri dengan keahlian masing-masing anggotanya. Kami tidak mencari sponsorhip, iklan, langganan, donasi atau pendapatan lainnya. Jika pun ditawarkan maka kami tolak," tulis mereka.

Selain Nenshi, Termont dan Risma, masih ada tujuh wali kota lainnya yang masuk dalam 10 besar. Berikut daftar lengkapnya.

1. Naheed Neshi, Wali Kota Calgary, Kanada
2. Daniel Termont, Wali Kota Ghent, Belgia
3. Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya, Indonesia
4. Carlos Ocariz, Wali Kota Sucre, Venezuela
5. Jet Patrick Mabilog, Wali Kota Iloilo, Filipina
6. Albrecht Schroter, Wali Kota Jena, Jerman
7. Annise Parker, Wali Kota Houston, Amerika
8. Yiannis Boutaris, Wali Kota Thessaloniki, Yunani
9. Giusy Nicolini, Wali Kota Lampedusa, Itali
10. Aziz Kocaoglu, Wali Kota Izmir, Turki.

Baca juga:

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Sisanya, akan minta anggaran dari APBN.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016