Diguncang Isu Skandal Foto, Ini Kata Abraham Samad

Mantan Ketua KPK Abraham Samad (kanan) bersama mantan Wakil Ketua Bambang Widjojanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengklarifikasi terkait adanya foto yang menunjukkan dirinya dengan seorang pria yang disebut-sebut adalah anak dari mantan petinggi Purnawirawan TNI. Pria itu juga disebut-sebut dekat dengan PDI-P.

Abraham menjelaskan bahwa selama menjadi Ketua KPK, dia sering diminta foto bersama dengan sejumlah pihak. Bahkan, dia menyebut pernah satu ketika saat berada di pesawat, dia diminta foto bersama oleh pramugari dan pilot pesawat.

"Banyak sekali foto-foto saya yang mungkin saya sudah lupa, bertebaran di mana-mana. Jadi wajar saja kalau saya berfoto bisa berduaan dan lain sebagainya," kata Abraham, di Gedung KPK, Jakarta, Senin 2 Februari 2015.

Dia menambahkan, terkait pelaksanaan tugasnya sebagai Ketua KPK, dia juga tidak dapat menghindari adanya pertemuan-pertemuan dengan para elitr partai politik. Bahkan dia tidak membantah namanya pernah digadang-gadang menjadi calon wakil presiden mendamping Joko Widodo dalam Pilpres 2014.

"Namun sama sekali tidak ada inisiatif dari saya mencalonkan diri. Saya sama sekali tidak pernah menjanjikan atau membantu penanganan salah satu kasus yang sedang ditangani KPK, ini ujian bagi integritas saya dan integritas KPK," ujar dia.

Perihal foto Abraham Samad dengan seorang anak mantan purnawirawan TNI, diungkapkan oleh Ketua Advokat Bidang Hukum PDI-P, Arteria Dahlan dalam sebuah diskusi. Dia menyebut foto itu dilakukan ketika dilakukan sebuah pertemuan di rumah di kawasan Patal Senayan, Jakarta. Pertemuan itu, ujar Arteria, membahas mengenai calon wakil presiden pendamping Jokowi.

Jaksa Agung Tak Buru-buru Deponering Samad dan Widjojanto

Baca juga:

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Dua Mantan Pimpinan KPK Harusnya Sampai Pengadilan

"Karena di situlah ujung keadilan itu didapatkan," ujar kapolri.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016