Yogyakarta Punya Slogan Baru "Jogja Istimewa"

Tugu Yogyakarta.
Sumber :
  • flicker - Jendela Kata

VIVA.co.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X, membocorkan branding baru Yogyakarta, yaitu Jogja Istimewa. Bocoran ini disampaikan oleh ketua Tim 11 yang memiliki tugas melakukan rebranding, Herry Zudianto.

Kumpulan Sentra Kuliner di Yogyakarta

"Kami tidak punya kewenangan memutuskan branding baru Yogyakarta, yaitu Jogja Istimewa. Namun demikian, Tim 11 mengetahui latar belakangnya," kata Herry pada VIVA.co.id, Senin 2 Februari 2015.

Mantan wali kota Yogyakarta ini juga mengatakan, sebelum diputuskan branding baru tersebut, Tim 11 telah bertemu dengan Sri Sultan selama tiga jam, dan akhirnya menghasilkan keputusan slogan baru Yogyakarta tersebut.

Festival Kuliner Dunia, Acara Terbesar di Jogja

"Pemilihan slogan baru Yogyakarta, yakni Jogja Istimewa, didapatkan setelah melakukan serangkaian diskusi publik dan berdasarkan kiriman desain dari masyarakat secara umum," ujar Herry.

Makna dari Jogja Istimewa, kata Herry, memiliki arti yang sangat besar dan luas. Jogja Istimewa dapat dimaknai secara luas, karena kalimat ini merupakan pusaka yang luar biasa.

Panitia Jogja Air Show: Tuhan Menghendaki Beda untuk Wika

"Karena hanya Yogyakarta yang diakui pemerintah sebagai daerah istimewa," ujarnya.

Makna istimewa tersebut secara luas juga memiliki arti yang cukup mendalam. "Dalam bahasa Jawa ada kata 'Gemregah', yang maknanya sangat luar biasa bagi masyarakat Jawa. Itulah yang berusaha kami munculkan," tuturnya.

Herry menambahkan, peresmian slogan ini akan dilaksanakan pada 1 Maret mendatang di Pagelaran Keraton. Sri Sultan Hamengkubuwono X akan menyampaikan "Sabdo Tomo" terkait slogan resmi Yogyakarta ini.

Intinya, menurut Herry, harus ada gerakan di seluruh elemen masyarakat untuk membuat Yogyakarta benar-benar istimewa, baik itu pemerintah maupun masyarakatnya. (art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya