Abraham Samad Dilaporkan ke Polisi oleh Wanita Muda

Abraham Samad
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Badan Reserse Kriminal Mabes Polri telah menerima laporan dugaan pemalsuan dokumen yang dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Abraham Samad.

Feriyani Lim (28 tahun) yang mempolisikan Ketua KPK itu dengan dugaan pemalsuan dokumen berupa kartu tanda penduduk. Selain Abraham, Feriyani juga melaporkan rekan Abraham yang berinisial UK.

Jaksa Agung Tak Buru-buru Deponering Samad dan Widjojanto

"Semalam Feriyani Lim melaporkan ke Bareskrim dalam kaitannya pemalsuan KTP dan KK," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Pol Rikwanto, di Mabes Polri Jakarta, Senin 2 Februari 2015.

Feriyani mengadukan AS dan seorang lagi, yang berinisial UK, dengan Laporan Polisi Nomor : TBL/72/II/2015/Bareskrim tertanggal 1 Februari 2015.

Abraham dan UK dituduh memalsukan surat/dokumen kepada instansi sesuai Pasal 93 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2006 telah diubah menjadi UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan dan atau Pasal 263 ayat (2) KUHP dan atau Pasal 264 KUHP.

Ia melanjutkan, Feriyani merupakan tersangka dugaan kasus pemalsuan dokumen yang ditangani Polda Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat pada 2007.

Jaksa Agung: Deponering Widjojanto dan Samad Pekan Depan

Kata Rikwanto, hingga saat ini Feriyani masih menjalani proses di Polda Sulawesi Selatan guna mengumpulkan bukti-bukti lainnya terkait kasus pemalsuan dokumen. "Belum dijadwalkan untuk pemanggilan di sini," ujarnya.

Lanjut Rikwanto, pemalsuan dokumen kependudukan tersebut dilakukan di Makassar pada tahun 2007. Sebelumnya juga ada lembaga swadaya masyarakat yang membuat laporan serupa.

"Ada lembaga swadaya masyarakat yang melaporkan kejadian itu. Kami masih dalami siapa LSM itu," ujar Rikwanto.

Sebelumnya, foto wanita asal Pontianak itu dengan Abraham Samad beredar sedang berpelukan di atas ranjang. Wanita itu disebut-sebut sebagai teman dekat Abraham Samad.

Feriyani Lim sudah di BAP Polda Sulawesi Selatan. Dalam pemeriksaan, wanita itu diduga memiliki rekening gendut senilai Rp4 miliar.

Kejagung Mau Deponering Kasus Pejabat KPK, Langsung Didemo

Abraham sendiri membantah foto mesra di atas kasur bersama seorang wanita. Kata Samad, foto yang beredar itu adalah fitnah. "Itu tidak benar dan fitnah," kata Samad. (ren)

Baca juga:

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Dua Mantan Pimpinan KPK Harusnya Sampai Pengadilan

"Karena di situlah ujung keadilan itu didapatkan," ujar kapolri.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016