Jurus 'Mabuk' Praperadilan Budi Gunawan

Wakil Kepala Kepolisian RI, Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menilai rencana kuasa hukum Komisaris Jenderal Budi Gunawan (BG) mengajukan praperadilan, sebagai langkah perlawanan yang disayangkan.

"Saya menyebutnya itu jurus 'pendekar mabuk'. Memang praperadilan adalah hak, tapi bila dikritisi lebih jauh maka ini adalah upaya perlawanan," kata Denny dalam diskusi bersama Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Jakarta, Minggu 1 Februari 2015.

Dasar hukum pengajuan praperadilan terhadap status BG, menurut dia, tidak bisa dijadikan dasar untuk mengajukan tuntutan kepada pengadilan. "Jadi, jangan sampai semua mabuk dengan jurus ini. Status tersangka bukan objek yang bisa dipraperadilankan," ujar Denny.

Anggota Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Miko S Ginting menambahkan, dalam KUHAP ketentuan praperadilan terhadap seseorang hanya bisa dilakukan untuk tiga objek pokok bahasan, yakni sah atau tidaknya proses penangkapan seseorang, sah atau tidaknya penghentian proses penyidikan, kemudian permasalahan ganti rugi atau rehabilitasi terhadap seseorang.

"Jadi, status tersangka bukanlah objek untuk praperadilan. Di luar dari komponen itu, tidak bisa dipraperadilankan," kata Miko.

Meski begitu, ia tetap mengakui langkah yang sudah dilakukan oleh kuasa hukum Komjen BG itu tetap dihargai. Tinggal lagi pengawalannya, sebab beberapa kali pelaksanaan praperadilan yang berkaitan dengan status tersangka seseorang, selalu dimentahkan.

"Kasus Chevron tahun 2012 memang pernah membatalkan status tersangkanya terhadap bos Chevron. Tapi, jangan lupa, perkara pidananya tidak bisa dihilangkan begitu saja, bahkan hakimnya terkena sanksi disiplin oleh Mahkamah," kata Miko.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun
Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti

Diharapkan tak ramai tarik-menarik kepentingan politik.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016