Lima Sungai Meluap, 4.000 Rumah di NTB Terendam Air 4 Meter

Banjir Malang
Sumber :
  • VIVAnews/DA Pitaloka

VIVA.co.id - Banjir melanda 10 kelurahan di Kecamatan Dompu dan Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Sekitar 4.000 unit rumah terendam banjir dengan tinggi mencapai 4 meter.

Banjir terjadi lantaran meluapnya lima sungai seperti Sungai Laju, Sungai Silo, Sungai Soa, Sungai Raba Baka, dan Sungai Toi. Hujan lebat mengguyur kawasan itu sejak Sabtu.

Banjir merendam Kelurahan Karoke, Bada, Toto, Bali I, Kasi Jawa,  Simpasae, Sendono II, Wowondono, Potisi, dan Balupasa.  BPBD Kota Bima, TNI, Polri, Tagana, BPBD Kabupaten Dompu dan masyarakat melakukan evakuasi korban terdampak.

Masyarakat diungsikan ke masjid-masjid, sekolah dan tempat-tempat yang tidak terdampak banjir. Untuk keamanan, aliran listrik masih dipadamkan.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada. Puncak hujan akan terus berlangsung hingga Februari 2015," ujar Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, melalui keterangan yang diterima VIVA.co.id, Minggu 1 Februari 2015.

BPBD Kota Bima dan Kabupaten Dompu telah mendirikan posko. Kebutuhan mendesak adalah logistik berupa makanan siap saji, penambahan personil, dapur umum, air bersih, obat-obatan, pakaian bayi dan lainnya.

Baca juga:

Kali Meluap, Perumahan di Depok Tergenang
Banjir di sejumlah kecamatan di Kota Padang, Sumatera Barat, pada Selasa dini hari, 22 Maret 2016.

Kota Padang Dilanda Banjir, Warga Diminta Evakuasi Sendiri

Warga kesulitan mengevakuasi karena listrik dipadamkan PLN.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2016