Penemuan Jasad Korban QZ8501 di Sulawesi Sudah Diprediksi

Peta AirAsia QZ8501
Sumber :
  • Repro - Google Map

VIVA.co.id - Apa yang dikhawatirkan Kepala tim SAR gabungan tentang semakin jauhnya korban Pesawat AirAsia QZ8501 terbawa arus laut akhirnya terbukti.

Satu bulan sejak AirAsia QZ8501 dinyatakan jatuh dan tenggelam di Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, jasad-jasad korban AirAsia QZ8501 kini mulai ditemukan di permukaan laut sekitar Perairan Selat Makassar.

Dalam tiga hari terakhir ini, sudah lima jasad yang diduga korban AirAsia QZ8501 ditemukan terapung sekitar wilayah Selat Makassar.

Empat jasad ditemukan di Perairan Majene, Sulawesi Barat dan satu jasad ditemukan di Perairan Pinrang, Sulawesi Selatan. Sebenarnya, hal ini sudah diprediksi sejak hari ke-10 operasi SAR AirAsia QZ8501.

"Kita akan mempercepat pencarian untuk mencegah semakin jauhnya keluarga kita terbawa arus laut," kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya F Henry Bambang Soelistyo, Selasa, 6 Januari 2015 lalu.

Dari hasil evaluasi selama masa operasi, arus laut di Selat Karimata dan sekitar lokasi ditemukan serpihan AirAsia mengarah ke timur laut atau ke arah Selat Makassar.


Pergerakan pergeseran korban dari Selat Karimata ke Selat Makassar karena terbawa arus bawah laut juga terdeteksi saat ditemukan tiga jasad korban AirAsia QZ8501 di Perairan Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Tak hanya korban, serpihan-serpihan pesawat nahas itu juga telah jauh terbawa arus bawah laut.

Berikut jumlah korban dan lokasi ditemukannya:

Selat Karimata

68 korban ditemukan di Perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tenga
Tiga korban ditemukan di Perairan Kotabaru, Kalimantan Selatan

Selat Makassar

Empat korban ditemukan di Perairan Majene, Sulawesi Barat
Satu korban ditemukan di Periaran Pinrang, Sulawesi Selatan

Baca juga:


Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Badan Pesawat AirAsia Tiba di Jakarta

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

CEO AirAsia Group Tony Fernandes diinformasikan menghadiri acara ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2015