Sembilan Orang Laporkan Pimpinan KPK Zulkarnaen ke Polri

Wakil Ketua KPK Zulkarnain
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Sembilan orang pelapor Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Zulkarnaen yang diketuai oleh Fathorrasjid mendatangi Bareskrim Mabes Polri untuk melaporkan tuduhan mereka terhadap salah satu Pimpinan KPK, Zulkarnaen.

Fathorrasjid dengan timnya yang bernama AM Jatim (Aliansi Masyarakat Jawa Timur) datang membawa sejumlah berkas yang nantinya akan dilaporkan kepada Bareskrim Mabes Polri.

Fathorrasjid menyatakan, dia bersama rekan-rekannya sudah menyiapkan bukti yang cukup untuk melaporkan Zulkarnaen. Dia membantah laporan ini tidak terkait dengan ketegangan KPK dan Polri.

"Nggak ada kaitannya, nggak ada hubungannya, ini soal penerimaan uang dan mobil itu, yang kasus P2SEM," kata Presidium AM Jatim, Fathorrasjid di Mabes Polri, 28 Januari 2015.

Sebelum ke Mabes Polri tim pelapor Zulkarnain ini mengaku sudah lebih dulu mendatangi Kejaksaan Agung. Dia mengatakan sudah menyiapkan bukti berupa dokumen. "Kalau nggak ada bukti masa mau ngomong," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen AM Jatim, Syai'an Choir kembali menegaskan bahwa tidak ada hubungannya dengan ketegangan antara KPK dam Polri. "Orang menunggu keadilan kenapa harus menunggu gonjang-ganjing, tidak karena itu," kata Syai'an.

Syai'an mengatakan bahwa dirinya juga merasa dirugikan oleh pihak-pihak dalam kasus P2SEM tersebut. "Ada pihak-pihak yang bermain disitu, sehingga terjadilah tindak pidana itu," ucapnya.

Fathorrasjid mengaku dengan para pihak pelapor pernah ditahan karena kasus P2SEM tersebut. "Saya sudah menjalani 4,5 tahun, yang itu (Syai'an Choir) 4 tahun di penjara, jadi pemidanaan atas kasus P2SEM itu ada 5 orang," terang mantan Ketua DPRD Jatim itu.

Zulkarnaen diduga menerima suap berupa uang dolar Amerika Serikat senilai Rp5 miliar dan sebuah mobil sedan Camry dari petinggi Jawa Timur, untuk menghentikan kasus penyelewengan anggaran program pengentasan kemiskinan saat itu. Saat itu Zulkarnaen masih menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur tahun 2010.

Baca juga:

Tak Lagi jadi Pimpinan KPK, Ini Aktivitas Bambang Widjojanto
Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Dua Mantan Pimpinan KPK Harusnya Sampai Pengadilan

"Karena di situlah ujung keadilan itu didapatkan," ujar kapolri.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016