Basarnas Jeda Dua Hari untuk Istirahat dari Operasi AirAsia

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI F. Henry Bambang Soelistyo, mengatakan bahwa operasi pencarian AirAsia QZ8501 terus berlanjut. Namun dia memberikan waktu bagi tim untuk beristirahat.

"Saya beri jeda dua hari, pertimbangan untuk anak buah," kata Soelistyo dalam konferensi pers di kantor Basarnas, Jakarta, Rabu, 28 Januari 2015.

Menurut Soelistyo, tim SAR sudah satu bulan melaksanakan tugas di laut, sehingga membutuhkan waktu untuk memulihkan tenaga dan pikiran. "Mereka perlu refresh," ujar Soelistyo.

Selain itu, Soelistyo juga menyampaikan bahwa kapal-kapal yang digunakan untuk operasi membutuhkan bekal ulang. Mereka perlu ke pantai untuk mengisi bahan bakar demi melaksanakan tugas selanjutnya. Kapal-kapal itu dipastikan kembali bertugas setelah mengisi ulang bahan bakar dan perbekalan lain.

Soelistyo menambahkan, mulai pagi tadi, operasi pencarian dilanjutkan sampai tujuh hari mendatang. "Nanti perkembangan evaluasi menyesuaikan dengan hasil operasi selama tujuh hari," katanya.

Karena ada jeda istirahat, Soelistyo memastikan tim kembali bekerja pada Sabtu, 31 Januari 2015. "Setidaknya Sabtu pagi kekuatan penyelam dan kapal harus dimulai lagi di daerah operasi," tuturnya. (ase)

Baca berita lain:


Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501


Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501

Badan Pesawat AirAsia Tiba di Jakarta

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

CEO AirAsia Group Tony Fernandes diinformasikan menghadiri acara ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2015