Tidak Ada Lagi Jasad di Badan AirAsia QZ8501

Badan AirAsia QZ8501
Sumber :
  • Badan Pesawat AirAsia QZ8501 - Repro tvOne
VIVA.co.id -
Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya
Panglima Armada Barat TNI AL, Laksamana Muda Widodo memastikan sudah tidak ada lagi jasad yang tersisa di badan Pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh dan tenggelam di dasar Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

"Penyelam kami sudah memeriksa badan pesawat di dasar laut, tapi badan pesawat sudah kosong tidak ada korban yang ditemukan lagi," kata Widodo saat berbincang dengan tvOne di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Selasa 22 Januari 2015.
Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501


Widodo menjelaskan, jika pun ada secara teori, seharusnya jasad akan berjatuhan dan muncul saat badan pesawat sempat terangkat ke permukaan laut akhir pekan lalu. "Saat itu hanya satu jasad yang jatuh dari badan pesawat," ujarnya.


Siang tadi, seluruh pasukan dan kekuatan TNI mulai ditarik dari lokasi operasi SAR AirAsia QZ8501 di Selat Karimata, Pangakalan Bun, Kalimantan Tengah.


"Sesuai dengan arahan Panglima TNI, untuk satuan tugas SAR seluruhnya kembali ke homebase masing-masing," katanya.


Penarikan pasukan dan armada TNI ini menandakan evakuasi badan pesawat dihentikan.


Dalam operasi SAR gabungan, sejak hari pertama hingga hari ke 31 ini, tim SAR gabungan telah berhasil menemukan dan mengevakuasi 70 dari 162 penumpang dan kru yang terbang bersama dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura, Minggu 28 Desember 2014 lalu.


Seluruh korban ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa di beberapa lokasi di sekitar Perairan Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalteng hingga perairan Kalimantan Selatan.


Dari 70 korban, 69 sudah dievakuasi ke Posko DVI Polda Jatim di RS Bhayangkara Surabaya. Sedangkan satu jasad masih berada di Pangkalan Bun dan akan segera diterbangkan ke Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya