Surabaya Gagas Sekolah Perfilman dan Animasi untuk TKI

Tri Rismaharini dan Soekarwo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengaku bahwa sejak dulu tidak setuju dengan konsep pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri tanpa bekal keterampilan. Sebab dikhawatirkan akan membawa situasi kurang menguntungkan bagi pekerja.

Untuk meningkatkan kualitas pekerja Surabaya, Pemerintah Kota menerapkan pelatihan dan peningkatan keterampilan. Sedikitnya 50 pelajar jurusan keperawatan dikursuskan Bahasa Jepang. Mereka memang diproyeksikan bekerja di Jepang.

Informasinya, Jepang memang membutuhkan banyak perawat guna ditempatkan di berbagai fasilitas kesehatan. Di sisi lain, ada sekitar 80 anak mendapat beasiswa sekolah juru masak.

“Di sana, kesempatan bekerja sebagai chef (juru masak) profesional terbuka lebar,” kata Risma, Selasa, 27 Januari 2015.

Lebih lanjut, Pemerintah Kota bakal menggagas sekolah perfilman, animasi dan peranti lunak berbasis teknologi informasi. Sekarang sudah ada 48 anak yang dijadikan pioner pendidikan khusus itu.

Risma berharap, dengan bekal keterampilan ini, tenaga kerja Indonesia bisa lebih dihargai dan mempunyai nilai tawar lebih tinggi di luar negeri.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

Baca juga:



Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara

BBC Indonesia

Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan

Koalisi organisasi pekerja migran di Hong Kong mengatakan para pekerja rumah tangga "ditelantarkan" di tengah pandemi gelombang kelima.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2022