Dua Jenazah Korban AirAsia Kembali Teridentifikasi

Konferensi DVI Polda Jatim, Senin, 19 Januari.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

VIVA.co.id - Ketua tim Disaster Victim Identification (DVI) Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi dr Budiyono, mengatakan dua jenazah korban pesawat Air Asia QZ8501 kembali teridentifikasi.

"Dua Jenazah itu atas nama Herumanto Tanus dan Lia Sari," kata Budiyono, Minggu 25 Januari 2015.

Jasad Herumanto, laki-laki, usia 44 tahun, warga Surabaya Jawa Timur teridentifikasi berdasarkan data primer, yaitu pemeriksaan gigi yang terdapat kecocokan antara hasil pemeriksaan post mortem dengan dental record dari dokter gigi yang menangani perawatan gigi korban pada masa hidupnya.

"Data keduanya matching 100 persen," ujarnya.

Kemudian, dari metode sekunder terdapat kesamaan medis dan antropoligi, ada  kecocokan antara jenis kelamin, usia, dan tinggi badan. "Berdasarkan data tersebut, maka tim DVI Polda Jawa Timur sepakat bahwa jenazah label B054 tidak terbantahkan atas nama Herumanto Tanus," terang Budiyono.

Sedangkan jasad Lia, perempuan, usia 36 tahun, asal Mojokerto Jawa Timur berhasil teridentifikasi berdasarkan data primer saksi, kecocokan gigi korban antara data yang diperoleh dari pemeriksaan post mortem dengan data gigi korban semasa hidup.

"Data gigi ini juga matching 100 persen," kata Budiyono.

Identifikasi jenazah dengan label B062 ini  diperkuat oleh metode sekunder berupa property yang masih melekat ke tubuh korban. Ada kesamaan dengan pantauan CCTV.

"Korban memakai baju dan celana panjang yang sama persis dengan yang ada di CCTV," tambahnya.

Data medis dan antropologi berupa jenis kelamin, usia dan tinggi badan juga sama persis dengan korban. "Berdasarkan data tersebut, maka tim DVI Polda Jawa Timur sepakat bahwa jenazah label B062 tidak terbantahkan atas nama Lia Sari," kata Budiyono.

Sampai hari ke-29 hari ini, tercatat ada 69 jenazah yang tiba di DVI RS Bhayangkara. Sebanyak 52 jenazah diantaranya, sudah berhasil teridentifikasi dan sudah diserahkan kepada keluarganya.

Sementara itu, 17 jenazah sisanya, 11 masih dalam proses pendalaman dan enam jenazah yang tiba kemarin sedang dilakukan pemeriksaan post mortem. (asp)

Pilot Helikopter Angkatan Udara Amerika Tewas Kecelakaan di Kuwait

Baca juga:

Pesawat Lionair Jatuh di Manila, 8 Orang Tewas
Maskapai Sriwijaya Air

8 Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia

Seperti yang diketahui khalayak umum, tragedi kecelakaan pesawat terbang di Indonesia sudah cukup banyak terjadi.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2021