Tak Jadi Ditahan, Siapa yang Lobi Pembebasan Bambang?

Bambang Widjojanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto akhirnya tak jadi ditahan oleh Bareskrim Polri pada Jumat 23 Januari 2015 lalu.

Menurut pengamat politik dari Cyrus Network, Hasan Batupahat, Bambang bisa bebas karena hasil kerja dari Presiden Joko Widodo. Menurut dia, meskipun publik kecewa dengan pernyataan Jokowi di Istana Bogor, yang dianggap tak menyelesaikan masalah kisruh antara KPK dengan Polri.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Di balik pernyataannya yang hambar di Bogor itu, saya yakin Jokowi bekerja. Kalau tidak, BW tidak akan lepas, karena kita bisa lihat bahwa Bareskrim itu ngotot," kata Hasan dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Minggu 25 Januari 2015.

Namun, hal itu buru-buru dibantah oleh Koordinator Kontras, Haris Azhar. Menurutnya, batalnya Bambang ditahan oleh Polri, karena lobi dari pimpinan KPK lainnya, Zulkarnaen dan Adnan Pandu Praja.

"Merekalah yang melobi Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti," tegas Haris. (asp)

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Baca juga:

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024