Belasan Daerah di Jatim KLB Demam Berdarah

Ilustrasi nyamuk penyebar virus Zika.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menetapkan 11 daerah di wilayahnya berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah. Hal ini, diputuskan terkait mewabahnya DB yang terjadi di sejumlah daerah.

Sembilan Balita Meninggal akibat Demam Berdarah di Bekasi

"Penetapan KLB demam berdarah ditandatangani Gubernur Jatim Soekarwo dan sudah disampaikan ke masing-masing kepala daerah," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Harsono, Minggu 25 Januari 2015.

Daerah yang masuk kategori KLB tersebut, adalah Kabupaten Jombang, Banyuwangi, Probolinggo, Kediri, Sumenep, Pamekasan, Nganjuk, Trenggalek, Mojokerto, serta Kabupaten dan Kota Madiun.

Pasien DBD Membludak, RSUD Kota Depok Kewalahan

Kepala daerah yang wilayahnya masuk kategori KLB diminta tanggap dan melakukan penanganan sesuai KLB yang sudah diatur dalam instruksi gubernur. Penderita demam berdarah di 38 kabupaten/kota di Jatim, saat ini mencapai 1.054 orang, 25 di antaranya meninggal dunia.

Harsono meminta, masyarakat turut aktif mencegah ancaman nyamuk demam berdarah dengan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Selaian itu, masyarakat juga diminta menjaga kebersihan dengan gerakan 3M, mengubur, menguras dan menutup.

Data yang dirilis Pemprov Jatim menyebutkan, tren demam berdarah pada Januari cenderung meningkat.‎ Pada 2010, dari total 26.059 kasus, terdapat 5.599 kasus di antaranya terjadi pada Januari.

Kemudian, tahun berikutnya di bulan yang sama terjadi 1.035 kasus dari 5.420 kasus dalam setahun. Pada 2012, dari 8.257 kasus yang terjadi, total 1.225 kasus terjadi pada Desember. Dan pada 2013, banyaknya kasus demam berdarah terjadi lagi pada Januari yang mencapai 3.264 kasus dari 14.936 kasus dalam setahunnya. Selanjutnya, pada 2014, total terdapat 8.906 kasus dan 973 kasus di antaranya terjadi Januari.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf meminta masyarakat lebih waspada terhadap penyebaran penyakit ini dan tidak meremehkan, apabila ada anggota keluarga yang terserang gejala-gejalanya.

"Jangan biarkan anak panasnya tinggi. Segera bawa ke rumah sakit untuk mencegah kemungkinan terburuk." (asp)

Pasien Demam Berdarah di Mojokerto Membludak
Pasien DBD di RSUD Balaraja

15 Orang Meninggal Dunia, Tangerang KLB Demam Berdarah

Pasien DBD di Kabupaten Tangerang mencapai 349 orang

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2016