Jimly Asshiddiqie: Ada Upaya Pembubaran KPK

Jimly Asshiddiqie
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto
- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqie, menilai ada upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Upaya pelemahan itu bahkan sudah sedemikian parah, terbukti dengan dilaporkannya dua pimpinan KPK ke Mabes Polri pada waktu yang hampir berdekatan.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Semua orang bisa memanfaatkan momentum untuk memperkarakan pimpinan KPK. Saya lihat ini sudah bukan upaya pelemahan lagi, tapi menuju ke upaya pembubaran," ujar Jimly saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh
KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim
VIVA.co.id , Minggu, 25 Januari 2015.


Dengan diperkarakannya dua pimpinan KPK, Jimly mengatakan, posisi lembaga pemberantasan korupsi itu semakin lumpuh. "Karena sesuai aturannya, jika seseorang ditetapkan menjadi tersangka, dia bisa langsung dinonaktifkan, apalagi bila sudah terdakwa, dia bisa diberhentikan secara tetap," katanya.


Jimly juga menilai ada potensi dari beberapa pihak untuk memperkarakan pimpinan utama KPK, Abraham Samad, dari segi etika. Bila Abraham Samad sampai diperkarakan, otomatis hanya ada satu pimpinan KPK yang bisa berfungsi penuh, yakni Zulkarnain.


"Kalau hanya ada satu orang pimpinan, tentu KPK tidak akan bisa bekerja. Saya khawatir bila ini dibiarkan terus, sama saja artinya KPK pada akhirnya bubar," ujar Jimly.



Baca berita lain:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya