Datangi KPK, Ini Harta Kekayaan Menhan Ryamizard

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia
- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis 22 Januari 2015. Dia tiba di lembaga anti rasuah itu dengan menggunakan mobil Land Cruiser B-1302-RFH, pada sekitar pukul 10.05 WIB.

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

Saat disinggung mengenai kedatangannya itu, Ryamizard mengaku akan melaporkan harta kekayaannya. "Ya laporan, laporan yang diminta KPK
Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri
lah . (Laporan) Harta kekayaan," kata dia.


Ryamizard yang memakai kemeja batik lengan panjang itu tidak berkomentar lagi, dan langsung masuk ke dalam lobi Gedung KPK.


Selang satu jam kemudian, Ryamizard terlihat keluar dari Gedung KPK dengan didampingi oleh Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi. Dia mengatakan telah menyerahkan laporan harta kekayaannya.


Ryamizard mengaku terdapat banyak penambahan pada harta kekayaannya, dibanding yang terakhir dilaporkan pada tahun 2001. Namun dia enggan menyebutkan berapa penambahan hartanya tersebut.


"Kira-kira
lah
, karena waktu itu orang tua saya belum meninggal, sekarang sudah meninggal, kan ada warisan," ujar dia.


Berdasarkan laman situs
acch.kpk.go.id
harta kekayaan terakhir milik Ryamizard tercatat pada 29 Juni 2001. Ketika itu dia masih tercatat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.


Ketika itu, dia tercatat memiliki total harta kekayaan sebanyak Rp3,5 miliar. Hartanya terdiri dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp626,8 juta. Ryamizard juga tercatat mempunyai harta bergerak berupa 4 mobil berbagai merek dan 1 motor Harley Davidson yang nilainya mencapai Rp1,125 miliar.


Selain itu dia mempunyai logam mulia, batu mulia, barang-barang seni, barang-barang antik dan harta bergerak lainnya dengan nilai mencapai Rp201,3 juta. Ryamizard juga memiliki giro dan setara kas lainnya dengan nilai Rp1,6 miliar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya