Jasad Korban AirAsia Dikenali Berkat Foto Selfie

Personel Kopaska TNI AL mengevakuasi korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501
Sumber :
  • REUTERS/Adek Berry/Pool
VIVA.co.id
Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya
- Untuk mengungkap identitas jasad korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, kadang jasad teridentifikasi karena properti ringan yang selama ini mungkin tak disadari.

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Contohnya saat tim Disaster Victim Identification (DVI) Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jawa Timur berhasil mengidentifikasi satu jenazah ke-47 atas nama David Hartono warga Nusa Tenggara Timur.
Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501


Jasad pria berusia 23 tahun itu, dipastikan sebagai David Hartono tak hanya karena ditemukan kecocokan data dalam metode primer dan sekunder, tapi juga karena properti berupa foto selfie yang dipasang David sebelum melakukan penerbangan dari Surabaya menuju Singapura.


"Kami temukan properti berupa foto di telepon genggam korban yang
matching
dengan foto yang dipasang korban di Instagram," kata Ketua Tim DVI Polda Jatim, Kombes Pol Budiyono dalam siaran pers yang ditayangkan
tvOne.


Dalam foto yang ada di Instagram terlihat korban terakhir kali mengenakan baju kaus hitam dan celana panjang warna biru.


Hal yang sama ditemukan juga pada jasad David. "Pakaian yang sama masih terlekat di tubuh korban," papar Budiyono.


Fakta dalam mengungkap identitas David Hartono ini menjawab upaya tim DVI dalam mencari jejak berupa properti-properti milik korban-korban AirAsia QZ8501.


"Kami membutuhkan jejak sebanyak-banyaknya, walaupun itu hanya sebuah foto," ujar Budiyono. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya