Pagi Ini Tim SAR Berjuang Angkat Badan AirAsia

Badan AirAsia QZ8501
Sumber :
  • Badan Pesawat AirAsia QZ8501 - Repro tvOne

VIVA.co.id - Tim SAR gabungan akan berusaha mengangkat badan pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar Perairan Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Dalam operasi pengangkatan badan AirAsia QZ8501, hari ini, Kamis 22 Januari 2015, tim SAR gabungan akan melakukan penyelaman untuk mengevaluasi dan jika mungkin memasang peralatan untuk mengangkat badan pesawat.

Tim SAR gabungan telah menyiapkan sedikitnya 19 unit balon apung atau floating baloon. 19 balon itu diperkirakan dapat mengangkat badan pesawat yang diperkirakan memiliki bobot mencapai 70 ton.

Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya FHB Soelistyo menyatakan optimistis badan pesawat bisa diangkat, meski jumlah balon masih kurang untuk dapat mengangkat seluruh bagian badan pesawat dari dasar laut.

"Kebutuhannya masih kurang, sebab bobot pesawat mencapai 70 ton. Tapi, kami optimalkan dulu," kata Soelistyo di Kantor Basarnas, Rabu 21 Januari 2015.

Pengangkatan badan AirAsia QZ8501 sangatlah berarti karena diduga masih banyak korban, baik penumpang maupun kru pesawat yang terjebak di dalamnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun menyatakan, cuaca di lokasi badan pesawat hingga dua hari ke depan akan lebih baik dan diperkirakan bisa dimanfaatkan tim SAR untuk melakukan operasi pengangkatan badan pesawat.

Pengangkatan badan pesawat tertunda hampir selama satu pekan. Hal ini disebabkan cuaca di Selat Karimata yang tidak bersahabat dan cenderung membahayakan tim SAR terutama bagi penyelam.

Hingga hari ini, baru 55 korban yang ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa, tim SAR masih berusaha mencari 112 korban lainnya. Jasad-jasad korban ditemukan di beberapa lokasi di sekitar perairan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. (art)

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501
Badan Pesawat AirAsia Tiba di Jakarta

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

CEO AirAsia Group Tony Fernandes diinformasikan menghadiri acara ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2015