Blusukan ke Desa, Gubernur Jateng Berang

Gubernur Jateng Berang gara-gara Desa Tak Musrembang
Sumber :
  • Dwi Royanto/Semarang
VIVA.co.id
KPK Akan Buat Aplikasi untuk Awasi Dana Desa
- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berang saat menemui satu desa di wilayahnya belum melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) di awal tahun 2015.

Sambangi KPK, Menteri Desa Minta Bantu Awasi Dana Desa

Hal itu terjadi saat Gubernur melakukan inspeksi mendadak ke Desa Limbangan, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu, 21 Januari 2015.
Perangkat Pemerintah di Bengkalis Atur Perampokan Dana Desa


Tanpa dijadwalkan sebelumnya, kedatangan Gubernur di kantor kepala desa itu cukup membuat para perangkat desa panik. Sebab Musrembangdes sesuai jadwal yang tertera dalam agenda provinsi, desa itu pagi ini melakukan rembug desa untuk menampung asipirasi warga.


"Bayangan saya, di sini ramai pada kumpul dan usul ini-itu. Adu argumen, dananya kurang, dan lain-lain. Tapi malah enggak ada apa-apa," ujar Ganjar di hadapan Kepala Desa, Tarmin, dan perangkat desa lain.


Pertanyaan Ganjar itu sempat ditanggapi seorang Kepala Dusun bernama Panggung Suparni. Menurutnya, Musrembangdes tahun 2015 di desa malah belum diagendakan pada Januari. "Belum ada pemberitahuan dari kecamatan," ucapnya.


Dalam sidak pagi itu, Ganjar juga mendapati sejumlah perangkat desa yang bolos kerja tanpa alasan yang jelas. Meski tak secara gamblang, Gubernur naik pitam.


“Bu Carik-nya (Sekretaris Desa) enggak hadir. Lemarinya juga dikunci. Ojo-ojo Musrembang
kui ethok-ethok
, ya (jangan-jangan Musrembang itu main-main)," tandas Ganjar.


Suasana pagi itu sempat tegang. Kepala Bappeda Kabupaten Wonosobo, Amin Supardi, dan Camat Watumalang, Bambang Sutarno, yang datang terlihat tergopoh-gopoh menghadap Gubernur.


“Saya tidak bercanda. Bantuan kita 2015 akan lebih banyak, tapi desa harus punya aspirasi dan rakyat diikutkan untuk aspirasi. Musrembangdes harus dilakukan. Jawa Tengah sudah ketinggalan, kita enggak boleh
leh-leha
(santai). Kalau enggak sekarang, kapan," kata Gubernur kepada Camat dan Kepala Bappeda.


Agenda Gubernur hari ini sesungguhnya hendak menuju Kabupaten Banjarnegara untuk menyerahkan bantuan terhadap korban longsor Dusun Jemblung beberapa waktu lalu. Namun di tengah perjalanan, Ganjar berinisiatif ingin melihat Musrembangdes di wilayah Wonosobo. (ren)



Baca berita lain:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya