19 Balon Apung Siap Angkat Badan Pesawat AirAsia

Penemuan Badan Utama Pesawat AirAsia QZ8501
Sumber :
  • REUTERS / Handout via Kementerian Pertahanan Singapura
VIVA.co.id -
Bidik Wisman, AirAsia Buka Penerbangan Jakarta-Johor Bahru
Sebanyak 19 unit balon apung atau floating baloon akan dikerahkan untuk proses pengangkatan badan pesawat AirAsia QZ 8501.

5 Besar Maskapai Penerbangan Termurah Dunia 

Ditargetkan, dalam pekan ini badan utama pesawat yang membawa 155 penumpang dan tujuh awak tersebut bisa dievakuasi beserta jenazah yang diperkirakan masih terjebak di dalamnya.

Hal itu dikatakan Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal TNI F Henry Bambang Soelistyo, di kantornya, Jakarta, Rabu 21 Januari 2015.

Soelistyo mengatakan, upaya pengangkatan dengan 19 balon apung diyakini akan memudahkan mengangkat badan AirAsia yang diperkirakan mencapai bobot 70 ton.

"Kebutuhannya masih kurang, sebab bobot pesawat mencapai 70 ton. Tapi kami optimalkan dulu," kata Soelistyo di Kantor Basarnas, Rabu 21 Januari 2015.

Dengan kemampuan satu balon apung hingga 2 ton, maka setidaknya dengan 19 balon apung, separuh badan pesawat akan bisa terangkat.

Sebelumnya, tim evakuasi hanya memiliki tujuh balon apung yang beberapa waktu lalu digunakan untuk evakuasi ekor AirAsia. Namun kemarin, Selasa 20 Januari 2015, terdapat tambahan baru sebanyak 12 unit.

Besarnya ukuran badan pesawat tersebut, memang menjadi kendala bagi seluruh tim SAR gabungan di lokasi. Meski begitu, Basarnas tetap optimistis bisa melakukan proses evakuasi. Tinggal lagi bergantung dengan kondisi cuaca di lapangan.

"Kami upayakan semaksimal mungkin," kata Soelistyo. (ren)

Baca juga




AirAsia.

Terbang ke Singapura atau Korsel Diskon 50% di Pameran Ini

Akan dibuka rute ke Jepang, India dan Korsel.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2017