Jokowi akan Tolak Semua Permohonan Grasi Narkoba

Warga Australia Myuran Sukumaran dihukum mati narkoba
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar
- Presiden Jokowi mengatakan peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai institusi dan instansi, bukan hanya generasi muda. Oleh karena itu dia menolak setiap pengajuan grasi para tahanan narkoba.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

“Memang negara kita sekarang ini posisinya masuk dalam darurat narkoba. Sebanyak 50 orang mati karena narkoba setiap hari," kata Jokowi saat meresmikan Masjid Raya Mujahidin, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, 20 Januari 2014.
Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar


Indonesia mengeksekusi mati enam terpidana narkoba, termasuk lima warga negara asing yang memicu kecaman dari sejumlah negara. Brasil dan Belanda menarik pulang duta besarnya. Nigeria memanggil dubes Indonesia.


Sementara Australia telah mengancam akan ikut menarik dubesnya, jika Indonesia berani mengeksekusi beberapa warganya yang terlibat dalam kasus korupsi Bali Nine. Jokowi mengatakan bukan presiden yang menjatuhkan vonis hukuman mati, tapi pengadilan.


Tapi grasi, kata Jokowi, memang diajukan pada presiden, dan dia tegas akan menolak semua pengajuan grasi terkait kasus narkoba. "Walau banyak tekanan dari berbagai pihak, tapi sekali lagi kita memang sudah dalam posisi darurat narkoba," ujarnya. (one)


Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya