1.241 Peserta Jalani Kegiatan Pra-Ekspedisi NKRI 2015

Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id - Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) TNI Batujajar menggelar pembukaan pra Ekspedisi NKRI koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015. Pembukaan dipimpin langsung oleh Wadanjen Kopassus Muhammad Herindra di Pusdikpassus, Jalan Batujajar, Kecamtan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Senin, 19 Januari 2015.

Kopassus Tak Gentar dengan Kemampuan Militer Abu Sayyaf

Ekspedisi NKRI adalah kegiatan yang sudah dilakukan sejak 2011. Tahun lalu dilaksanakan di Maluku Utara. Tahun ini kegiatan ekspedisi melibatkan 1.241 peserta dari TNI, Polri, kalangan akademis, LSM, peneliti, dan instansi lainnya.

"Perlu ada pembekalan sebelum mereka diterjunkan ke lapangan. Kegiatan pembekalan ini akan dilakukan selama dua minggu sebelum kemudian dikirim ke NTT," katanya, Selasa, 20 Januari 2015.

Kegiatan ekspedisi ini memiliki sejumlah tujuan. Di antaranya melakukan penjelajahan wilayah NKRI, terutama di wilayah perbatasan Indonesia yang mana NTT merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Penjelajahan akan dilakukan melewati gunung, hutan, rawa dan sungai.

"Ekspedisi ini meliputi sejumlah area seperti wilayah pegunungan, hutan dan sungai. Ada juga tujuan lainnya seperti melakukan pengkajian dari sisi geologi untuk melihat wilayah rawan bencana," katanya.

Kopassus: Pembebasan 10 WNI Tunggu Perintah Panglima TNI

Tujuan ketiga sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian masyarakat terhadap hal-hal yang sifatnya sosial seperti pelestarian alam, penyuluhan keluarga berencana dan pra sejahtera.

Untuk menanamkan sikap peduli terhadap alam ini, pihaknya akan mendorong para peserta untuk melakukan proses penghijauan dengan cara melakukan penanaman ribuan bibit pohon berbagai jenis yang rencananya akan dilakukan di kawasan Ende, Sumba Barat dan Kupang.

Kopassus Catat Rekor MURI, Kibarkan Bendera Terbesar

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya