Pemerintah Janji Perbanyak Beasiswa S2 dan S3

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir
Sumber :
  • Vivanews/AgusTH

VIVA.co.id - Dalam lawatannya Universitas Jember, Jawa Timur, Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengungkapkan pemerintah akan menyediakan beasiswa S2 dan S3 bagi mereka yang mempunyai prestasi dengan nilai yang bagus.

"Mahasiswa harus serius dalam menempuh pendidikannya. Untuk yang memiliki nilai bagus, nanti akan kita siapkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3-nya," kata Nasir dalam keterangan yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 18 Januari 2015.

Namun, disayangkan belum diketahui jumlah beasiswa S2 dan S3 yang akan dialokasikan oleh pemerintah bagi mahasiswa beprestasi tersebut.

Sementara itu, Nasir berpesan kepada mahasiswa bahwa sebagai agen perubahan, mereka harus mampu menempatkan dirinya dalam posisi yang benar dan strategis.

"Jangan jadi mahasiswa kunong, yang hanya kuliah terus nongkrong-nongkrong saja. Tempatkan posisi mahasiswa sebagaimana mestinya sebagai calon pemimpin masa depan bangsa," ungkapnya.

Dengan demikian, ia menambahkan, mahasiswa dapat memberikan peranan penting dalam upaya membangun bangsa dalam berbagai bidang yang dikuasai oleh mereka.

"Mahasiswa harus mampu menghadirkan inovasi-inovasi dalam membangun bangsa ini," kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bangsa di Universitas Diponegoro itu.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, ia memuji Universitas Jember yang telah menghasilkan riset bermanfaat, maka dari itu ia pun menantang perguruan tinggi lainnya untuk melakukan riset dan peneltian yang berbasis pada kebutuhan masyarakat dan dunia usaha.

"Kita nanti akan fasilitasi riset dan penelitiannya, yang terpenting hasil risetnya tak boleh jadi pajangan di perpustakaan tanpa bisa dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat dan dunia usaha," imbuhnya.

Baca juga:

Trik Agar Lolos Beasiswa Chevening ke Inggris
Penerima beasiswa Chevening tahun 2015

Kesempatan Kuliah Bebas Biaya di Inggris

Pendaftaran ini dibuka untuk 69 pelajar dari Indonesia

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016