VIDEO: Suasana Mencekam Jelang Eksekusi Mati

Suasana dermaga wijayapura jelang eksekusi mati
Sumber :
  • VIVAnews/ Dwi Royanto

VIVA.co.id - Eksekusi terhadap enam terpidana mati telah dilaksanakan tengah malam hingga dini hari Minggu 18 Januari 2015. Lima terpidana mati menghadapi regu tembak di Nusakambangan, Cilacap, sedangkan seorang di Boyolali. Dua tempat itu berada di Provinsi Jawa Tengah.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

Sehari jelang pelaksanaan eksekusi lima terpidana mati kasus narkoba di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, suasana di Dermaga Wijayapura terasa mencekam. Aktivitas sejumlah pihak di dermaga yang merupakan pintu masuk utama menuju Lapas Nusakambangan sudah mulai tampak tegang dan sibuk.

Di Dermaga Wijayapura, sejak Sabtu pagi tadi kesibukan terlihat dengan mulai diperketatnya penjagaan oleh puluhan personel kepolisian dari Polres Cilacap dan Polda Jawa Tengah. Bahkan, di pintu gerbang masuk dermaga, sejumlah petugas dermaga dan polisi tampak secara detail mengawasi lalu lalang orang yang masuk.

Selengkapnya tonton ini.

Lima terpidana mati dieksekusi mati di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah dan satu terpidana mati dieksekusi di Boyolali, Jawa Tengah.

Pulau Nusakambangan bukanlah lokasi baru yang dipilih untuk pelaksanaan eksekusi mati, sudah banyak terpidana mati yang dieksekusi di pulau itu.

Pulau ini dipilih menjadi lokasi pelaksanaan eksekusi karena dianggap paling cocok dan aman untuk dilaksanakannya eksekusi.

Selama ini, ada dua lokasi di Pulau Nusakambangan yang selalu digunakan untuk mengeksekusi terpidana mati dan kuat dugaan lima terpidana mati yang akan dieksekusi akhir pekan ini juga bakal dieksekusi di dua lokasi ini.

Satu lokasi bernama Lembah Nirbaya. Lembah Nirbaya merupakan sebuah area semak-semak belukar yang terhampar cukup luas dan berada tak jauh dari Lapas Terbuka.

Di lokasi ini, tiga terpidana mati kasus bom Bali, Amrozi, Imam Samudra, dan Ali Gufron dieksekusi pada 9 November 2008.

Satu tempat pelaksanaan eksekusi lainnya adalah lapangan tembak milik kepolisian di kawasan Nusakambangan.

Baca juga:

Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Kepolisian harusnya tenang dan tidak mempermasalahkan Haris Azhar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016