Kisah Video Terakhir Penumpang AirAsia Membantu Tim DVI

Peti Jenazah Cindy Penumpang AirAsia Diganti demi Persemayaman
Sumber :
  • D.A. Pitaloka/Malang
VIVAcoid
Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya
- Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur berhasil mengungkap identitas 36 penumpang dan tiga kru Pesawat AirAsia QZ 8501 yang jatuh di Perairan Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan.

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Untuk mengungkap 39 identitas korban bukanlah perkara mudah, bahkan proses identifikasi jenazah penumpang AirAsia QZ8501 dianggap lebih sulit daripada proses identifikasi korban pesawat Sukhoi Superjet yang jatuh di Gunung Salak dan Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Ukraina.
Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501


Pada proses identifikasi jenazah penumpang AirAsia QZ8501 dikerahkan lebih dari 242 ahli dari berbagai bidang dan berbagai negara.

Namun, di balik semua jerih payah melawan segala kesulitan itu, pada perjalanan proses identifikasi, banyak hal yang akhirnya membuat identifikasi menjadi lebih mudah.


Salah satunya hal yang membantu tim DVI untuk mengungkap identitas jenazah adalah keberadaan data rekaman video terakhir para penumpang Pesawat AirAsia QZ8501.


Memang, rekaman video itu hanyalah rekaman yang memperlihatkan kondisi penumpang AirAsia QZ8501 saat melakukan
Boarding Pass
di Bandara Juanda, Surabaya.


Dan rekaman video itu hanyalah hasil rekaman kamera keamanan closed circuit television (CCTV) yang terpasang di bandara.


Tapi, siapa sangka, banyak sudah jenazah korban jatuhnya AirAsia QZ8501 yang teridentifikasi melalui data rekaman video itu.


Contohnya adalah saat tim DVI berhasil mengidentifikasi jasad gadis kecil bernama Jie Stevie Gunawan pada Minggu, 4 Januari 2015 lalu.


Jie Stevie dikenali berkat data sekunder berupa rekaman CCTV yang memperlihatkan Jie Stevie mengenakan baju kaus bergambar tokoh kartun Minnie Mouse ketika melakukan
Boarding Pass
di Bandara Juanda, Minggu 28 Desember 2014.


"Setelah melaui proses rekonsiliasi dan kita cocokkan dengan ciri korban yang terekam pada CCTV, maka kami tetapkan korban bernama  Jie Stevi Gunawan," kata Kepala Pusat Kedokteran Brigjen Pol Arthur Tampi.


Arthur menjelaskan, baju kaus bergambar Minnie Mouse itu masih melekat pada jasad Stevi saat ditemukan tim SAR.




Begitu juga saat tim DVI mengungkap identitas penumpang bernama Cindy Clarisa Soetjipto warga Malang, Jawa Timur.


"Dari temuan sekunder properti yaitu baju dan celana dari korban yang sesuai dengan data antemortem rekaman CCTV," kata Kabid Dokkes Polda Jatim, Kombes Pol Budiyono, kemarin, Kamis 15 Januari 2015.


Hal yang sama juga dilakukan tim DVI saat mengungkap identitas dua WN Korea Selatan Kyung Hwa Lee dan Seong Beom Park pada, Minggu 11 Januari 2015.


)


Dalam hasil rekaman video CCTV terlihat Seong Beom Park memakai gendongan bayi saat berada di bandara. Dan, saat jenazahnya ditemukan, Park juga masih memakai gendongan bayi itu.


Selain tiga korban ini, masih banyak jenazah korban musibah AirAsia QZ8501 lainnya yang berhasil dikenali karena mereka sempat terekam CCTV bandara sebelum masuk ke Pesawat AirAsia QZ8501.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya