Bodi Pesawat AirAsia Ditemukan, Harapan Baru Keluarga Korban

Penemuan Badan Utama Pesawat AirAsia QZ8501
Sumber :
  • Antara/Sigid Kurniawan
VIVAnews
Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya
- Bodi atau badan pesawat AirAsia QZ8501 ditemukan oleh tim SAR gabungan di dasar laut Selat Karimata, Kalimantan Tengah, pada Rabu, 14 Januari 2015. Tim SAR sedang mengupayakan mengangkat bodi dengan satu sayap pesawat itu dari dasar laut ke permukaan.

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Para keluarga korban berharap tim SAR menemukan para penumpang/awak yang diperkirakan terjebak di dalam badan pesawat itu. Sebab pencarian di permukaan air laut telah maksimal namun baru menemukan 50 dari total 162 penumpang/awak pesawat.
Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501


Seorang keluarga korban, Imam Sampurno, meyakini masih banyak korban yang terjebak di dalam badan pesawat. "Kalau badan pesawat ditemukan, yang jelas kita bersyukur," kata Imam di Crisis Center kantor Kepolisian Daerah Jawa Timur di Surabaya, Kamis, 15 Januari 2015.


Dia juga meyakini bahwa keluarga anaknya yang belum ditemukan masih berada di sana. Banyak keluarga korban yang berharap, anggota keluarganya yang hilang dapat ditemukan di badan pesawat. Ia percaya pada Basarnas yang terus melakukan evakuasi.


"Segala sesuatunya SOP-nya (standar opersional prosedur), yang mengatur Basarnas. Jadi, kita enggak bisa ngomong yang gimana-gimana. Kita ikuti saja apa yang dijalankan Basarnas," katanya.


Imam juga meminta tim SAR Bisa lebih mendahulukan evakuasi korban dibandingkan pengangkatan badan pesawat. Namun ia tetap menyerahkan kebijakan evakuasi kepada Basarnas.


Sebagai pihak korban, ia hanya bisa berdoa dan berharap seluruh korban dapat ditemukan. "Kalau memang enggak di dalam (badan pesawat), kita enggak bisa ngomong apa-apa. Itu takdir. Kita terus berdoa semoga jenazah keluarga kami ditemukan," ujarnya.


Tim Disaster Victim Identification Kepolisian Daerah Jawa Timur telah mengidentifikasi total 39 jenazah dari 50 jenazah sampai Kamis sore, 15 Januari 2015. Sebanyak 112 penumpang/awak pesawat belum ditemukan, termasuk kapten pilot dan kopilot serta satu awak kabin dan satu teknisi.


Tim SAR dilaporkan menemukan dua jenazah lagi pada Kamis, 15 Januari 2015, namun belum dipastikan identitasnya.



Baca berita lain:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya