Petunjuk di Badan AirAsia QZ8501, "Kini Semua Orang..."

Penemuan badan utama pesawat AirAsia QZ8501 di dasar laut
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVAnews - Setelah lebih dari dua pekan dicari, badan Pesawat AirAsia QZ8501 ditemukan di dasar laut Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Kepastian ditemukannya badan AirAsia QZ 8501 didapatkan dari hasil rekaman foto yang berhasil diabadikan alat canggih bernama ROV (remotely operated vehicle) milik Kapal Angkatan Laut Singapura, MV Swift Rescue.

Sebuah tulisan dalam gambar yang didapatkan dan dijadikan patokan bahwa itu adalah badan AirAsia QZ8501 ialah tulisan berukuran besar bertuliskan "Now Everyone...".

Tulisan itu merupakan bagian dari moto yang selalu diterakan pada semua badan Pesawat AirAsia, Now Everyone Can Fly (Kini Semua Orang Bisa Terbang).

Badan pesawat AirAsia QZ8501 ditemukan bersama dengan salah satu sayapnya di dasar laut berkedalaman lebih dari 30 meter di Perairan Selat Karimata.

"Sayapnya masih menempel pada bagian bodi. Ukuran badan pesawat yang ditemukan berdimensi 30x10x3 meter," kata Kepala Badan SAR Nasional, FHB Soelistyo kemarin sore, Rabu 14 Januari 2015.

Penemuan badan pesawat ini sudah ditunggu-tunggu keluarga korban dan masyarakat Indonesia.

Sebab, Basarnas sempat mengeluarkan dugaan bahwa masih ada korban yang terjebak dalam badan pesawat.

"Kita menduga masih ada korban yang berada di bagian besar badan pesawat," papar Kabarsarnas.

Hingga hari ini, Kamis 15 Januari 2015, masih terdapat 112 orang yang belum ditemukan dalam tragedi jatuhnya AirAsia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura itu.

Sejauh ini, tim SAR gabungan baru berhasil menemukan 50 korban dalam kondisi meninggal.

Kini masyarakat Indonesia berharap, 112 orang yang hilang bisa ditemukan di badan pesawat sesuai dengan arti dari petunjuk yang tertera di badan pesawat "Now Everyone" yang berarti dalam bahasa Indonesia "Kini Semua Orang". (ren)

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

Baca juga:

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Setahun Tragedi AirAsia, Keluarga Belum Menerima Santunan

Dari empat yang jadi korban, tersisa satu lagi belum dapat santunan.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2015