Cari Rekam Jejak Budi Gunawan, DPR Akan Pasang Iklan

Budi Gunawan.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian menggantikan Jenderal Sutarman. Surat penunjukan Budi Gunawan sudah diserahkan kepada Ketua DPR oleh Jokowi pada Jumat 9 Januari 2014 pada pukul 20.00 WIB.

Menurut Anggota Komisi III Bidang Hukum DPR, Bambang Soesatyo, sebagaimana biasanya, surat tersebut akan dibacakan bersama-sama surat masuk lainnya pada hari Senin 12 Januari 2014, saat pembukaan masa sidang DPR 2015.

"Setelah dibacakan di paripurna akan dibawa ke rapat Bamus untuk dikoordinasikan dengan komisi terkait yaitu Komisi III," kata Bambang kepada VIVAnews.

Komisi III, kata dia, kemudian akan mengagendakan uji kepatutan dan kelayakan kepada Budi Gunawan dalam rapat Pleno anggota Komisi III.

"Setelah ditetapkan, maka komisi III akan mengumumkannya melalui iklan media masa untuk meminta masukan dari masyarakat," katanya.

Kemudian, komisi III juga akan melakukan kunjungan lapangan ke rumah dan lingkungan calon untuk melihat langsung kehidupan sosial, gaya hidup, dan keluarga calon kapolri.

Karier moncer Komjen Budi Gunawan

Budi Gunawan merupakan salah satu perwira lulusan terbaik Akpol 83 yang memperoleh penghargaan Adhi Makayasa. Dia selalu berkesempatan menduduki sejumlah jabatan penting di Polri. Saat berpangkat Komisaris Besar (Kombes), dia menjadi ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Budi Gunawan juga tercatat sebagai jenderal termuda di Polri saat dipromosikan naik pangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal dengan jabatan Kepala Biro Pembinaan Karyawan (Binkar) Mabes Polri.

Tak butuh lama, Budi Gunawan kemudian menjabat Kepala Selapa Polri selama dua tahun, lalu dipromosikan menjadi Kapolda Jambi dan dipromosikan naik pangkat bintang dua dengan jabatan sebagai Kepala Divisi Pembinaan Hukum (Kadiv BinKum).

Tidak lama, Budi Gunawan kemudian dimutasi dengan jabatan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) dan dipromosikan kembali sebagai Kapolda Bali yang merupakan Polda tipe A. Setelah bintang tiga disematkan di pundaknya, Budi Gunawan lalu dipromosikan dengan jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol).

Kapolri Pimpin Kenaikan Pangkat 11 Pati Polri, Ada Kapolda Gorontalo Irjen Pudji


Baca juga:

Polri Petakan Jalur Rawan Kecelakaan Saat Mudik, Terutama di TransJawa

(asp)

Jenderal Hoegeng

Kisah Jenderal Hoegeng, Sosok Polisi Sejati Indonesia

Pernahkah dengar kiasan, polisi jujur hanya ada tiga. Yakni polisi tidur, patung polisi, dan Jenderal Hoegeng. Mengapa Jenderal Hoegeng? Siapa dia? Ini kisah perjalananya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024