Jokowi Tunjuk Komjen Budi Gunawan Jadi Kapolri

Budi Gunawan.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Presiden Joko Widodo menunjuk Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang baru. Budi Gunawan, ditunjuk Jokowi untuk menggantikan Jenderal Sutarman yang akan memasuki masa pensiun.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

"Ya betul," kata Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto kepada VIVAnews, Jumat 9 Januari 2014.

Andi juga tak membantah mengenai surat Jokowi kepada Ketua DPR yang beredar di kalangan wartawan. Surat bernomor R-01/Pres/01/2015 ini dibuat tanggal 9 Januari 2014.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

Dalam surat itu, Jokowi menganggap Budi Gunawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol), dipandang mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kapolri.

Surat permintaan persetujuan DPR ini disampaikan untuk memenuhi ketentuan Pasal 11 ayat (1) UU No2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Antisipasi Puncak Arus Balik, Kapolri: Jalur Arteri Bisa Jadi Opsi Atasi Kemacetan

Karier moncer Komjen Budi Gunawan

Budi Gunawan merupakan salah satu perwira lulusan terbaik Akpol 83 yang memperoleh penghargaan Adhi Makayasa. Dia selalu berkesempatan menduduki sejumlah jabatan penting di Polri. Saat berpangkat Komisaris Besar (Kombes), dia menjadi ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Budi Gunawan juga tercatat sebagai jenderal termuda di Polri saat dipromosikan naik pangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal dengan jabatan Kepala Biro Pembinaan Karyawan (Binkar) Mabes Polri.

Tak butuh lama, Budi Gunawan kemudian menjabat Kepala Selapa Polri selama 2 tahun, lalu dipromosikan menjadi Kapolda Jambi dan dipromosikan naik pangkat bintang dua dengan jabatan sebagai Kepala Divisi Pembinaan Hukum (Kadiv BinKum).

Tidak lama, Budi Gunawan kemudian dimutasi dengan jabatan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) dan dipromosikan kembali sebagai Kapolda Bali yang merupakan Polda tipe A. Setelah bintang tiga disematkan di pundaknya, Budi Gunawan lalu dipromosikan dengan jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol).

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya