Besok, Ekor AirAsia Diangkat ke Permukaan

Ekor Pesawat AirAsia QZ8501
Sumber :
  • REUTERS/BASARNAS/Handout via Reuters
VIVAnews
Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting
- Jika tidak ada aral melintang, pada Jumat pagi 9 Januari 2015, tim SAR gabungan pencarian korban dan serpihan pesawat AirAsia QZ8501 akan melakukan pengangkatan ekor pesawat ke permukaan. Patahan yang berukuran 10 x 5 x 3 meter itu akan dievakuasi untuk memastikan keberadaan kotak hitam atau black box.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
"Besok (jumat) akan kita angkat. Ada dua opsi yang sudah disiapkan, bisa menggunakan floating baloon atau ditarik dengan crane lewat kapal Crest Onyx," ujar Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo di Kantor Basarnas, Jakarta, Kamis 8 Januari 2015.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Sayangnya Soelistyo enggan memastikan detai terkait keberadaan kotak hitam yang disebut berada di bagian kanan ekor pesawat AirAsia. Menurutnya pengangkatan patahan tersebut, memang ditujukan untuk memeriksa keberadaan kotak hitam.

"Mudah-mudahan arus bawah besok bisa bersahabat. Sehingga tidak mengganggu aktivitas evakuasi ekor pesawat," ujar Soelistyo.

Hingga hari keduabelas ini pencarian memang dikhususkan di lokasi yang berdekatan dengan temuan ekor pesawat dipastikan masih ada tujuh objek lain yang ada di bawah permukaan laut.

"Lima objek ditemukan berbarengan dengan temuan ekor pagi tadi, KN SAR Pacitan menemukan satu objek berupa serpihan pesawat dengan tulisan 'AIRBUS'. Besok akan kita konfirmasi, bisa dengan ROV atau penyelaman," kata Soelistyo.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya