Mendagri Dukung KPK Buka Cabang di Daerah

Mendagri Tjahjo Kumolo saat melaporkan harta kekayaan ke KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi membuka kantor cabang di daerah. Menurut Tjahjo, banyak anggaran dana yang dikorupsi oleh kepala daerah. Oleh sebab itu, KPK di daerah begitu penting.

"Baik itu dana hibah, perjalanan dinas, perencanaan, dan pembangunan daerah," ujar Tjahjo Kumolo di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa 6 Januari 2015.

Selama ini banyak anggaran belanja untuk pegawai yang jumlahnya cukup besar. Penggunaan itu, katanya, sangat tidak masuk akal dan berpotensi penyelewengan.

"Seperti di Riau, pembelian mobil dinas pegawai saja mencapai Rp4,7 miliar," ujar Tjahjo. Ia berencana akan melakukan pemangkasan anggaran pembelian mobil tersebut, karena jumlahnya sangat fantastis.

"Kami akan alokasikan anggarannya untuk pembangunan infrastruktur dan perekonomian," kata Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo akan menindak semua kepala daerah yang melanggar aturan. Selain itu, upaya pencegahan penyelewengan anggaran daerah, Tjahajo akan memperketat perizinan ke luar negeri bagi kepala daerah.

"Sekarang repot, pergi ke luar negeri harus izin Menteri dulu," kata Tjahjo.

Syaefullah/Jakarta

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024