Gunung Soputan Meletus, Warga Tak Perlu Mengungsi

Letusan Gunung Soputan
Sumber :
  • Foto: AP Photo/Grace Wakary

VIVAnews - Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Tenggara meletus, Selasa 6 Januari 2015, sekitar pukul 02.47 WITA.

DPR Sindir Kenaikan UKT di Sejumlah PTN Menyesuaikan Harga Cabai dan Telur

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah melaporkan kejadian ini kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BPBD.

Dalam keterangan persnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa berdasarkan pengamatan visual dari Pos Pengamatan Gunungapi Soputan di Desa Silian Tiga (10 kilometer di sebelah barat daya Puncak Gunung Soputan), teramati kolom letusan berwarna kelabu tebal kehitaman, dengan tekanan kuat dan estimasi ketinggian kolom letusan mencapai sekitar 6.500 meter di atas puncak Gunung Soputan.

Menurutnya, saat letusan, angin condong ke arah timur-tenggara. Aliran lava teramati mengarah ke lereng barat-barat daya sekitar 2.000 m dari puncak Gunung Soputan. Status tetap Siaga (level 3) radius steril 6,5 kilometer dari puncak G. Soputan.

"Belum perlu ada pengungsian. Kondisi masyarakat normal dan tetap beraktivitas seperti biasa," terang Sutopo.

Sementara itu, status Gunung Slamet di Jawa Tengah telah diturunkan menjadi Waspada (level 2) dari Siaga (level 3) sejak 5-1-2015 pukul 16.00 WIB, karena terjadi penurunan aktivitas vulkanik dan seismisitasnya.

Sedangkan aktivitas Gunung Sinabung, masih tinggi dan tetap berpotensi terjadi erupsi, disertai luncuran awan panas. Masyarakat diminta tetap mentaati rekomendasi dari PVMBG. (asp)

Menkominfo Budi Arie Setiadi (kiri).

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Menkominfo Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa UMKM bisa melakukan pengujian perangkat dan pengembangan inovasi di Indonesia Digital Test House (IDTH) secara gratis.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024