Reptil Juga Butuh Vitamin D

VIVAnews- Saat bermain di kebun atau taman saat siang hari apakah kalian pernah kadal yang sedang berjemur? Kadal merupakan jenis hewan reptil yang sangat suka berjemur dibawah sinar matahari.

Reptil berjemur bukan untuk mendapatkan panas matahari saja tetapi juga karena membutuhkan banyak vitamin D. Wah, ternyata sama seperti kita ya.

Pada kulit reptil terdapat senyawa yang apabila terkena sinar matahari,akan berubah menjadi nutrisi penting bagi tubuh mereka.

"Reptil memang sangat suka berjemur di bawah terik matahari siang hari," kata Kristopher Karsten, ahli lingkungan dari Texas Christian University, Amerika Serikat.

Reptil juga mendapatkan asupan vitamin D dari makanannya. Kadal yang kekurangan vitamin D akan sakit. Pertumbuhannya lamban dan bahkan bisa mati. Tetapi jika terlalu banyak vitamin dalam tubuh kadal juga bisa menyebabkan keracunan.

"Asupan vitamin D pada reptil harus disesuikan dengan kebutuhan tubuhnya, karena jika kekurangan atau kelebihan, nyawanya akan terancam," kata Karsten.

Untuk mengetahui bagaimana reptil mengontrol vitamin D dalam tubuhnya, Karsten dan timnya, melakukan penelitian. Dari hasil penelitiannya selama dua bulan terhadap enam ekor bunglon, menunjukkan bahwa dalam otak bunglon terdapat sensor yang bisa mengetahui kadar vitamin D dalam tubuhnya. Sehingga, bunglon bisa mengontrol jumlah vitamin D dalam tubuhnya.

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024