2014, Bandara Ngurah Rai Layani 129.787 Penerbangan

bandara ngurah rai ditutup sementara
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Bandara I Gusti Ngurah Rai sambut penumpang pertama di tahun 2015 dengan pagelaran seni, penyematan bunga dan pemberian suvenir. Mengambil lokasi di terminal kedatangan internasional, para penumpang yang tiba tepat saat pergantian tahun disuguhi pagelaran Tari Pendet yang diiringi musik khas gamelan Bali.

"Sebagai gerbang utama para wisatawan, Bandara I Gusti Ngurah Rai ingin memberikan first impression yang kuat akan pesona dan kekayaan Budaya Bali," ujar General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado, Kamis 1 Januari 2014.

Penumpang Hongkong Airline, HX6705 dari Hongkong yang mendarat pukul 00.05 WITA menjadi wisatawan pertama yang mendarat di Bali tahun 2015 ini. Sedangkan penerbangan perdana yang bertolak dari Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah Korean Air, KE634 tujuan Incheon, Korea Selatan.

"Sepanjang tahun 2014, Bandara I Gusti Ngurah Rai telah melayani sekitar 78.415 penerbangan domestik dan 51.372 penerbangan internasional. Secara keseluruhan, tercatat 129.484 pergerakan pesawat. Angka ini meningkat sebesar 4 persen jika dibanding tahun 2013," jelas Herry.

Peningkatan juga terjadi pada pergerakan penumpang domestik yang mencapai 8.991.341 orang. Sedangkan untuk jalur penerbangan internasional, tercatat sebanyak 8.226.513 penumpang. Secara keseluruhan, jumlah penumpang yang dilayani di 2014 meningkat 10 persen dibandingkan 2013.

"Banyak yang telah dilalui di 2014, di antaranya kami telah merampungkan pekerjaan renovasi terminal domestik yang sejak September lalu resmi dioperasionalkan," ujarnya.

"Dengan selesainya seluruh pekerjaan renovasi dan pengembangan terminal maka Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa. Berdasarkan hasil pengukuran kepuasan pelanggan (customer satisfaction index) yang dilakukan oleh INACA, sampai bulan Desember kami memperoleh nilai 4,20 dari skala 5," tambah Herry.

Ia melanjutkan, capaian lain yang juga diterima adalah penghargaan pelayanan transportasi publik di Indonesia dari Kementerian Perhubungan sebagai Pemenang Kategori Prima Utama.

"Tentu saja penghargaan ini akan menjadi penyemangat kami, seluruh komunitas bandara untuk memberikan yang lebih baik lagi kepada para pengguna jasa," tutup Herry. (one)

BACA JUGA:

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Mendagri Tito Karnavian

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Menteri Dalam Negeri menegaskan bahwa pembentukan Dewan Kawasan Aglomerasi dalam RUU DKJ tidak akan mengambil alih kewenangan pemerintah daerah.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024