Cek Lokasi Kebakaran Pasar Klewer, Gubernur Ganjar Minta Ini

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (tengah)
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendatangi lokasi kebakaran di Pasar Klewer, Solo pada Minggu malam, 28 Desember 2014. Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut, untuk melihat kondisi pasar usai kebakaran, serta berkoordinasi untuk pembuatan pasar darurat yang diperuntukkan bagi para pedagang Pasar Klewer.

Pantauan VIVAnews, sebelum mendatangi Pasar Klewer, Ganjar terlebih dahulu mampir di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung sekitar pukul 19.00 WIB. Kedatangan Ganjar disambut langsung oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di halaman depan rumah dinas.

Selanjutnya, Wali Kota Solo, Gubernur Jawa Tengah serta rombongan langsung masuk ke ruang rapat di Loji Gandrung yang terletak di bagian depan sisi barat. Ganjar dan rombongan kemudian menyaksikan rekaman dokumentasi video Pasar Klewer, sebelum dan sesudah kebakaran.

Setelah selesai menonton video rekaman tersebut, Rudy panggilan akrab Wali Kota Solo mengajak Ganjar Pranowo untuk melihat langsung kondisi Pasar Klewer yang terbakar.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Setibanya di lokasi, Ganjar yang mengenakan kaos putih lengan panjang itu langsung melihat dari dekat kondisi pasar yang menjadi pusat perdagangan tekstil dan batik tersebut.

Tak hanya mengecek kondisi bagian depan Pasar Klewer, Ganjar juga mengelilingi pasar untuk mengecek dan melihat kondisi Pasar Klewer setelah dilalap si jago merah.

Ia pun terlihat kaget, ketika sampai di bagian belakang pasar sisi timur, ternyata api masih terlihat menyala di bagian dalam pasar.

Berdasarkan hasil pengamatan di lokasi kebakaran itu, Ganjar menyatakan bahwa kondisi bangunan Pasar Klewer tersebut sudah sangat parah, sehingga tidak mungkin lagi dilakukan renovasi.

"Ini sudah tidak bisa diapa-apakan lagi. Sekarang, kita bicara‎nya bagaimana memberikan kesempatan kembali bagi mereka yang berdagang di sini," kata Ganjar Pranowo, saat ditemui wartawan di sela-sela kedatangannya mengecek kondisi Pasar Klewer.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan jalan satu-satunya untuk para pedagang adalah disediakannya lokasi pasar darurat sementara sebagai pengganti tempat para pedagang berjualan, setelah Pasar Klewer terbakar.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Untuk itu, ia meminta kepada Wali Kota Solo untuk segera menyiapkan lokasi-lokasi pasar sementara.

"Saya nanti minta Pak Rudy dan timnya untuk menghitung, supaya pembuatan pasar darurat sementara bisa segera dilakukan. Supaya pedagang segera cepat berusaha dagang kembali," katanya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sempat menawarkan Benteng Vasteburg, atau di alun-alun utara Keraton Solo kepada Ganjar sebagai lokasi pasar sementara. Ganjar sepakat untuk mengunjungi Benteng Vastenburg untuk meninjau lokasi yang menjadi pilihan untuk pembuatan pasar darurat.

Baca juga:

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya