Kerugian Kebakaran Pasar Klewer Ditaksir Rp10 Triliun

Kondisi terakhir pasar klewer
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq Solo

VIVAnews - Dampak kebakaran yang meludeskan Pasar Klewer Solo, semalam, menyebabkan para perdagangan mengalami kerugian mulai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Rayakan Ulang Tahun Abidzar, Umi Pipik Jelaskan Soal Budaya Tiup Lilin di Keluarga

Bahkan, berdasarkan penghitungan kerugian yang dilakukan Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), jumlah kerugian mencapai Rp10 triliun.

Salah satu pedagang ‎busana muslim di Pasar Klewer, Fatum, Minggu 28 Desember 2014, mengatakan bahwa kebakaran yang di terjadi di Pasar Klewer menyebabkan para pedagang merugi. Hal ini, disebabkan sebagian besar dagangannya tidak bisa diselamatkan.

"Saya baru bisa mengevakuasi dagangan milik saya sekitar pukul 08.00 WIB. Ya, dampak kerugiannya ‎mencapai ratusan juta," kata dia.

Kemudian, ia pun menyebutkan bahwa kerugian yang lebih besar dialami oleh pemilik kios di sebelahnya. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah, mengingat ada dua kios milik pedagang sebelahnya yang ikut terbakar.

"‎Karena barang dagangannya semalam belum bisa diselamatkan," ucapnya.

Sementara itu, Humas HPPPK, Kusbani menyebutkan bahwa berdasarkan penghitungan kerugian dampak kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp10 triliun. Jumlah tersebut berdasarkan dari perhitungan rata-rata dari setiap pemilik kios yang mengalami kerugian mulai Rp3 miliar hingga Rp5 miliar per pedagang.

"Jumlah kios di Pasar Klewer itu mencapai 2.300 kios, dari jumlah tersebut yang ludes terbakar api mencapai 1.532 kios.‎ Jadi, total kerugian mencapai Rp10 triliun," sebutnya.

Kemudian, Kusbani menyebutkan bahwa transaksi perdagangan yang terjadi di Pasar Klewer setiap harinya mencapai Rp17 miliar. Jumlah transaksi tersebut akan melonjak pada momen-momen liburan panjang.

"Kalau hari biasa itu Rp17 miliar per hari, tetapi jika liburan transaksinya mencapai Rp21 miliar per hari," sebutnya.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

Baca juga:

Shin Tae-yong Akui Kekuatan Tuan Rumah Qatar, tapi Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar

(asp)

Ilustrasi penumpang KRL

Bocah Terperosok ke Celah Peron Stasiun Manggarai Gegara Terdorong Saat Hendak Turun dari KRL

Petugas langsung melakukan evakuasi terhadap bocah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024