Jokowi Bentuk Tim Investigasi Selesaikan Kasus Penembakan di Paniai

Presiden Joko Widodo di Papua
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita (Papua)

VIVAnews - Presiden Joko Widodo membentuk tim investigasi untuk mengusut secara tuntas kasus penembakan di Paniai. Hal itu dikatakan Presiden saat mengunjungi Jayapura, Sabtu 27 Desember 2014.

"Dengan adanya tim investigasi, diharapkan akan diperoleh data valid sekaligus bisa mencari akar permasalahannya," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, hingga kini belum bersedia berkomentar karena tidak ingin berbicara sebelum mendapat data yang jelas.

"Kenapa saya belum mau memberi komentar, karena saya tidak mau asal bicara, sebab kasus penembakan kerap terjadi, namun tidak ada penyelesaian. Jadi untuk apa saya bicara tanpa ada solusi," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya tim investigasi, akar persoalan sehingga kerap terjadinya penembakan di Papua bisa diketahui dan dicari solusinya.

"Kalau akar masalah sudah diketahui tentu penyelesaiannya akan lebih mudah," tambahnya.

Menyikapi janji presiden, Koordinator Jaringan Damai Papua (JDP), Pastor Neles Tebay, menyatakan, pembentukan tim investigasi yang dirancang Presiden adalah hal positif, sebab bertujuan untuk mengetahui akar permasalahan kenapa kerap terjadi aksi penembakan.

"Presiden ingin mengidentifikasi masalah, tentu ini komitmen yang baik," ujarnya.

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Ketua DAP Paniai, John NR Gobai, jugamenyambut baik rencana Presiden membentuk tim investigasi. "Kami sangat berterima kasih atas kepedulian Presiden atas insiden penembakan di Paniai dengan rencana membentuk tim investigasi. Namun, kami lebih mendorong dibentuk KPP HAM agar pelaku terungkap dan diadili," ucapnya.

Seperti diketahui, 8 Desember lalu, lima warga sipil tewas tertembak di Paniai. TNI dan Polri telah melakukan investigasi terkait kasus tersebut, namun hingga saat ini belum diketahui siapa pelaku penembakan. (one)

Eko Patrio

Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Eko Patrio menggelar acara Halal bihalal di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024. Eko mengundang sederet artis dan komedian senior.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024