BNPB: 6 Gunung di Indonesia Status Siaga

Erupsi Gunung Sinabung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Endro Lewa
VIVAnews
Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, dari waspada atau level 2 menjadi siaga atau level 3.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Kenaikan status ini terhitung sejak Jumat 26 Desember 2014 pukul 03.00 WITA. Berdasarkan catatan PVMBG, dengan peningkatan status Gunung Soputan ini, maka ada enam gunung yang hingga kini sudah berstatus siaga.
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, enam gunung status siaga itu antara lain Gunung Gamalama, Gunung Slamet, Gunung Sinabung, Gunung Karangetang, Gunung Lokon, dan Gunung Soputan.


"Untuk Gunung Soputan yang baru naik siaga, diharapkan masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 6,5 km dari puncak gunung. Hingga kini, belum perlu pengungsian karena penduduk terdekat berada pada jarak 8 km dari puncak," ujar Sutopo dalam pesan tertulisnya, Sabtu 27 Desember 20114.


Sutopo menjelaskan, status Siaga artinya gunung sedang bergerak ke arah letusan serta adanya peningkatan intensif seismik. Selain itu, semua data menunjukkan aktivitas segera berlanjut ke letusan atau menuju pada keadaan yang dapat menimbulkan bencana.


Bukan hanya itu, 14 gunung juga tercatat berstatus waspada, di antaranya Gunung Raung, Sangeangapi, Rokatenda, Ibu, Lewotobi Perempuan, Gamkonora, Papandayan, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci.


Arti status Waspada adalah ada kenaikan aktivitas seismik dan kejadian vulkanik lainnya di atas level normal.  


"Masyarakat yang akan merayakan tahun baru 2015 dengan mendaki gunung, hendaknya menaati larangan. Tanyakan pada petugas pos pengamatan gunung api atau BPBD setempat," kata Sutopo. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya