Banjir Bandung, Upah Pekerja Pabrik Tetap Harus Dibayar

Banjir Bandung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVAnews - Pengusaha di wilayah terdampak banjir di Kabupaten Bandung, diimbau tetap membayar upah kepada para pegawainya, meski mereka merugi akibat sejak banjir menerjang, khususnya di Kecamatan Bojongsoang, Dayeuhkolot dan Baleendah.

Sejak banjir menggenangi tiga kecamatan tersebut, sejumlah pabrik dan perkantoran yang berada di lokasi banjir berhenti beroperasi. Sementara pabrik yang tetap beroperasi, terpaksa mempekerjakan pegawai seadanya karena sejumlah pegawainya tidak dapat masuk kerja.

Di kawasan Dayeuhkolot, memang terdapat sejumlah pabrik milik perusahaan besar yang beroperasi. Perusahaan itu di antaranya PT Ceres Bandung di Jalan Moch. Toha, PT Papyrus Sakti di Jalan Raya Banjaran-Dayeuhkolot, PT Daliatex Kusuma dan lainnya.

"Beberapa perusahaan yang terkena dampak banjir memang tak beroperasi sejak banjir melanda wilayah Kabupaten Bandung, khususnya di tiga kecamatan. Tapi kami sudah meminta kepada tiap perusahaan untuk tetap membayar upah kepada para pegawainya," ucap Kadisnakertrans Kabupaten Bandung, Rukmana hari ini.

Rukmana memahami bahwa perusahaan sangat dirugikan oleh banjir yang melumpuhkan kegiatan pegawai. Namun, ia juga meminta pengertian dari perusahaan bahwa banyak di antara pegawai perusahaan kesulitan mencapai lokasi kerja. Bahkan, kata dia, tak sedikit di antara pegawai yang harus mengungsi akibat rumah mereka terdampak banjir.

"Tapi ini kan bencana dan di luar perkiraan semua pihak. Sejauh ini kita belum melakukan pendataan berapa jumlah perusahaan yang tidak beroperasi dan kerugiannya," tambahnya.

Banjir yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Bandung ini telah merendam ribuan rumah dan memaksa lebih dari 10 ribu jiwa mengungsi.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Selain aktivitas waga, perekonomian pun lumpuh akibat banyak pabrik dan kantor yang tergenang banjir. Akses jalan yang tertutup banjir juga menghentikan pendistribusian barang lewat jalur Bojongsoang-Dayeuhkolot-Baleendah.

Baca juga:

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan
Apple.

Apple Bagi-bagi Undangan

Apple akan menggelar hajatan perdana di tahun ini yang bertema 'Let Loose' bakal digelar pada 7 Mei merilis tablet iPad Pro dan iPad Air serta Apple Pencil.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024