Waspada Pusaran Palung di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Sumber :

VIVAnews - Ribuan wisatawan saat libur akhir tahun ini memadati Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, salah satu objek wisata laut yang paling menarik di kunjungi wisatawan.

Tak hanya melihat keindahan pantai, para wisatawan ini juga bermain di bibir pantai bahkan berenang di laut tanpa menghiraukan keselamatan mereka masing-masing. Sementara banyak pusaran palung di pesisir pantai itu yang mengancam keselamatan para wisatawan yang berenang.

"Sayangnya wisatawan tidak tahu lokasi palung di mana karena sering berubah-ubah. Lokasi palung yang di dalamnya terdapat pusaran biasanya berada di tepi pantai yang ombaknya tenang," kata Ali Sutanto, Komandan SAR Pantai Parangtritis, Yogyakarta, Sabtu, 27 Desember 2014.

Menurutnya banyak kejadian kecelakaan yang menimpa wisatawan karena mereka justru berenang di lokasi palung. Padahal daerah palung sudah diberi tanda peringatan. Bahkan petugas SAR disiagakan di lokasi rawan itu.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

"Namun mereka tetap saja nekat berenang dan akhirnya menjadi korban terseret pusaran air di palung. Petugas SAR pun harus berjuang keras melawan pusaran air jika ada wisatawan yang tenggelam," bebernya.

Henry, salah satu anggota SAR di Pantai Parangtritis mengatakan, setiap wisawatan yang akan berenang di daerah palung dipastikan akan diberi peringatan oleh petugas SAR. Namun dengan luasnya Pantai Parangtritis terkadang tidak semua dapat tertangani.

"Jumlah persondl kita terbatas jadi kesadaran wisatawan untuk tidak berenang sangat penting agar laka-laut tidak terjadi," katanya.

Selain palung, lokasi yang menjadi perhatian SAR ialah, pantai tempat berkumpulnya wisatawan khususnya mereka yang sedang bermain air.

''Begitu di pantai muncul palung, petugas langsung siaga di sekitarnya. Sebelum wisatawan turun ke laut langsung dihalau menjauh,'' ujar dia.

Langkah tersebut perlu diambil agar kejadian tidak diinginkan menimpa wisatawan.

''Langkah ini terpaksa kami lakukan, semua ini demi keamanan pengunjung sendiri,'' katanya.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Wisatawan nyaman

Pengawasan tidak sebatas lewat pantauan dari gardu semi permanen, yang berdiri di sepanjang pantai. Namun ada tim khusus bertugas menyisir sepanjang pantai dengan kendaraan roda dua.

Melihat sistem pengamanan yang dilakukan Tim SAR Pantai Parangtritis, para wisatawan senang karena merasa nyaman selama berkunjung ke pantai selatan Yogyakarta ini. Seperti yang diutarakan Kholik, wisatawan asal Wonosobo, mengaku puas atas sistem pengamanan yang dilakukan petugas SAR.

''Kami sekeluarga merasa nyaman,'' katanya.

Baca juga:

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024